get app
inews
Aa Read Next : Hari Ketiga Operasi SAR, Mukti Ditemukan Meninggal, Pencarian Zidan Dilanjutkan

Basarnas Cilacap Gandeng Bandara dan RSUD Cilacap Penanganan SAR Kecelakaan Pesawat

Jum'at, 03 Mei 2024 | 14:56 WIB
header img
Basarnas Cilacap Gandeng Bandara dan RSUD Cilacap Penanganan SAR Kecelakaan Pesawat. Foto: Basarnas Cilacap

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menjalin kerjasama dengan Bandara Tunggul Wulung Cilacap dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap, Jumat (3/5/2024). Kerjasama antar lembaga ini untuk memudahkan Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan terhadap kecelakaan pesawat udara.

Penandatanganan Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) dan Momerandum Of Understanding (MOU) ini dilakukan Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tunggul Wulung Cilacap Ade Patra Mangko, dan Direktur RSUD Cilacap Moch Ichlas Riyanto.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, kerjasama, dan saling mendukung terhadap masing-masing tugas dan fungsi melalui kegiatan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan," kata Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa, dalam keterangannya, Jumat (3/5/2024).

Menurut dia, kerjasama Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) untuk memudahkan informasi terkait operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat udara.

"Ruang lingkup LOCA ini sendiri meliputi kerjasama dibidang informasi kecelakaan pesawat udara, Alerting Service, dan update data terkait operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat udara," jelasnya.

Sementara MOU antar lembaga tersebut meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, seperti latihan operasi pencarian dan pertolongan, pemanfaatan sumber daya, layanan kesehatan, penelitian dan pengembangan. 

Kegiatan yang digelar secara daring tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas, Didi Hamzar. Dalam sambutannya, Didi Hamzar mengatakan jika penandatanganan kerjasama ini sangat diperlukan dalam komitmen untuk mendukung setiap penugasan pencarian dan pertolongan.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap, pejabat structural Kantor Basarnas Cilacap, pejabat structural UPBU Wilayah III Tunggul Wulung Cilacap, dan pejabat structural RSUD Cilacap.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut