get app
inews
Aa Read Next : Purbalingga Raih Predikat Baik Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024

5 Fakta Pembongkaran Makam Mahasiswi Kedokteran di Purbalingga

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:04 WIB
header img
Polisi melakukan olah TKP. Makam sudah kembali ditutup. (Foto: Polres Purbalingga)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Warga Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, digemparkan oleh temuan makam terbuka di tempat pemakaman umum desa setempat pada Senin (20/5/2024) pagi. Diduga makam tersebut dibongkar oleh orang yang tidak dikenal. Hingga Selasa (21/5/2024) belum diketahui siapa pelaku pembongkaran.

Berikut 5 fakta terkait dengan pembongkaran makam tersebut:

1. Laporan Penemuan Makam Terbongkar

Kapolsek Mrebet, AKP Muslimun, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan adanya makam yang terbongkar di tempat pemakaman umum Desa Binangun. Makam tersebut milik almarhumah EF (19), seorang perempuan yang meninggal dunia pada hari Minggu (19/5/2024) sekitar pukul 04.00 WIB dan dimakamkan pada pukul 10.00 WIB di hari yang sama.

2. Profil Almarhumah EF

EF merupakan warga setempat yang pernah mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Dia mahasiswi semester 2 fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Almarhumah sebelumnya mengalami sakit dan sempat dirawat di rumah sakit. Namun, beberapa hari terakhir sebelum meninggal, dia berada di rumah. 

3. Penemuan oleh Warga Setempat

"Kejadian pertama kali diketahui oleh saksi bernama Sodirin (44), warga desa setempat yang saat itu sedang ke makam ibunya," jelas Kapolsek. Saat mengunjungi makam orang tuanya, Sodirin mendapati ada satu makam yang kondisinya terbuka. Ia segera melaporkan kejadian tersebut kepada perangkat desa setempat, yang kemudian diteruskan ke pihak kepolisian.

4. Tindakan Kepolisian

Polisi dari Polsek Mrebet segera memasang garis polisi untuk mengamankan tempat kejadian perkara (TKP). Selanjutnya, bersama dengan Satreskrim dan Inafis Polres Purbalingga, mereka melakukan pemeriksaan dan olah TKP.

"Hasil pemeriksaan di TKP menunjukkan bahwa benar telah terjadi pembongkaran atau penggalian makam milik almarhumah. Namun, kondisi jenazah berikut kain kafan maupun talinya masih dalam keadaan utuh dan lengkap," jelas Kapolsek.

5. Pemakaman Ulang

Setelah pemeriksaan selesai, jenazah kembali dimakamkan oleh warga desa setempat di lokasi yang sama. Kapolsek menambahkan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui siapa pelaku pembongkaran makam tersebut dan apa motif di baliknya.

"Terkait kejadian tersebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui siapa pelaku pembongkaran makam tersebut dan apa motifnya," pungkasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut