get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

5 Makanan Populer saat Lebaran, Nomor 4 Tak Pernah Absen di Meja

Kamis, 13 Mei 2021 | 04:30 WIB
header img
Opor ayam menjadi salah satu menu populer saat perayaan Idul Fitri. (Foto: Okezone/IG Indryhapsary).

PURWOKERTO, iNews.id – Apa masakan yang terlintas saat Lebaran tiba? Bagi banyak orang terutama di kota-kota besar, ketupat dan opor ayam seolah menjadi kuliner wajib. Eit, masih banyak lainnya, lho.

Idul Fitri dimaknai oleh umat Islam sebagai hari kemenangan karena telah melewati ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Lazimnya hari istimewa, Idul Fitri diwarnai dengan makanan-makanan spesial atau terbaik.

Umumnya, deretan makanan tersebut hanya muncul pada saat Lebaran. Apa saja? Berikut ringkasannya:

1. Ketupat
Daftar makanan favorit pertama saat Lebaran yaitu ketupat. Ketupat terbuat dari beras yang direbus dalam ayaman daun kelapa atau janur. Sebagian lain menggunakan daun lontar. 

Meski sangat populer di kota-kota besar, ketupat bukan menu ‘wajib’ bagi banyak orang terutama di kampung-kampung di Jawa. Ketupat baru muncul saat H+7 Lebaran sehingga muncul penamaan ‘Lebaran Ketupat’.

2. Opor Ayam
Makanan wajib saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering dipasangkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Opor ayam berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih mampu menggugah selera.

3. Sayur Lodeh Labu Siam
Sayur ini memiliki kuah santan dan berbahan labu siam yang diiris tipis memanjang seperti korek api. Biasanya, dikonsumsi dengan dicampur ketupat, dan sayur opor atau sebagai pengganti opor ayam didampingi oleh rendang dan sambal goreng ati.

4. Kue Kering
Kue kering merupakan makanan favorit untuk disajikan di meja ruang tamu pada Hari Lebaran. Kue kering yang disajikan antara lain, Nastar, Kastengels, Kue Semprit, Putri Salju, Lidah Kucing, dan Pastel. Kue yang paling favorit biasanya Nastar.

5. Kacang Goreng
Walaupun bukan termasuk makanan berat, kacang goreng menjadi camilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah camilan ini, yaitu dengan cara digoreng biasa tanpa santan, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

Editor : Zen Teguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut