get app
inews
Aa Read Next : Argentina Potensial Pengganti Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, FIFA Segera Umumkan

Dramatis, Argentina Juara Copa America 2024 Setelah Menang 1-0 Atas Kolombia

Senin, 15 Juli 2024 | 11:30 WIB
header img
Timnas Argentina berhasil menjuarai Copa America 2024 setelah mengalahkan Kolombia dengan skor tipis 1-0. (Foto: Reuters/iNews.id)

MIAMI GARDENS, iNewsPurwokerto.id – Timnas Argentina berhasil menjuarai Copa America 2024 setelah mengalahkan Kolombia dengan skor tipis 1-0. Pertandingan final yang digelar di Hard Rock Stadium, Miami Gardens, Amerika Serikat pada Senin (15/7/2024) pagi WIB berlangsung sengit hingga babak perpanjangan waktu.

Gol kemenangan Argentina dicetak oleh Lautaro Martinez pada menit ke-107 di babak perpanjangan waktu. Gol ini menjadi satu-satunya gol dalam laga tersebut, mengunci kemenangan Argentina atas Kolombia.

Argentina memulai pertandingan dengan agresif. Lionel Messi dan Angel Di Maria bergantian mengancam gawang Kolombia yang dijuluki Tricolor. Namun, Kolombia mulai menunjukkan kualitasnya sejak menit ke-10. Luis Diaz beberapa kali mencoba melepaskan tembakan spekulatif ke gawang Argentina yang dikenal sebagai La Albiceleste.

Kolombia terus menekan pertahanan Argentina hingga menit ke-17, membuat Argentina kewalahan. Meskipun demikian, penyelesaian akhir Kolombia selalu tidak sempurna. Argentina kemudian kembali melakukan tekanan, dengan Messi berulang kali melakukan penetrasi ke pertahanan lawan. Meski begitu, hingga akhir babak pertama, belum ada gol yang tercipta, dan pertandingan tetap imbang 0-0.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung dengan tempo cepat, ditandai dengan jual beli serangan antara kedua tim. Intensitas tinggi membuat pemain dari kedua tim sering berbenturan. Messi, yang menjadi motor serangan utama Argentina, sering mendapat jegalan dari pemain Kolombia.

Pada menit ke-66, Messi harus ditarik keluar dan digantikan oleh Nico Gonzalez karena cedera. Gonzalez yang baru masuk langsung mencetak gol pada menit ke-74, namun gol tersebut dianulir karena offside.

Memasuki menit-menit akhir, kedua tim mulai menurunkan tempo permainan. Argentina tetap menyerang dengan sabar, sementara Kolombia menunggu momentum untuk serangan balik. Hingga akhir babak kedua, kedua tim masih kesulitan mencetak gol, sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Argentina bermain agresif sejak awal. Beberapa peluang tercipta, namun kiper Kolombia, Camilo Vargas, tampil luar biasa dengan mengantisipasi berbagai peluang La Albiceleste. Kolombia sulit keluar dari tekanan Argentina, sehingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, memasukkan beberapa pemain baru, termasuk Lautaro Martinez. Martinez langsung mencetak gol pada menit ke-107, memecah kebuntuan dengan tembakannya yang tidak mampu dibendung Vargas.

Setelah gol tersebut, Kolombia mencoba menyamakan kedudukan namun gagal mencetak gol balasan. Pada akhirnya, Argentina berhasil mengunci kemenangan dengan skor tipis 1-0, memastikan mereka sebagai juara Copa America 2024.

Dengan kemenangan ini, Argentina menambah koleksi trofi Copa America mereka dan mengukuhkan diri sebagai salah satu tim terkuat di Amerika Selatan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut