get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024, Jadi Ajang Pencarian Atlet Berbakat di Purbalingga

Pemkab Purbalingga Siapkan Kabupaten Sehat Tahun 2025

Senin, 29 Juli 2024 | 19:45 WIB
header img
Pemkab Purbalingga Siapkan Kabupaten Sehat Tahun 2025. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Untuk mewujudkan tata kelola Kabupaten Sehat (KKS), Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap pelaksanaan program Kabupaten/Kota Sehat. Sosialisasi dan pembinaan ini dilakukan pada tingkat Forum Kecamatan Sehat dan Kelompok Kerja Desa/Kelurahan Sehat, Senin (29/7/2024), di Operation Room Graha Adiguna kompleks Setda Purbalingga.

“Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah,” kata Kabag Kesra, Heru Sri Wibowo dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab dari Dinas Kesehatan saja, akan tetapi seluruh unsur Kabupaten/Kota, bahkan hingga ke Pokja Desa atau Forum Kelurahan Sehat. Tata kelola KKS dilakukan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten serta dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada.

“Melalui pertemuan hari ini diharapkan Kabupaten Purbalingga bisa meraih prestasi Kabupaten/Kota Sehat pada tahun 2025 yang dinilai berdasarkan 2 tahun sebelumnya yakni 2023-2024,” tambahnya.

Untuk langkah yang dipersiapkan, menurutnya adalah Komitmen Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Kota Sehat yang sesuai dengan Visi Kabupaten Purbalingga dan diwujudkan melalui Koordinasi yang intens antar Perangkat Daerah dan Forum. Lalu membuat rencana kerja KKS Kabupaten, Kecamatan, dan desa setiap tahun.

Kemudian adanya pembinaan tim Kabupaten ke Kecamatan, Desa dan RT. Selain itu melibatkan pihak swasta dan masyarakat serta media. Termasuk persiapan penyusunan dokumen.

“Semoga hasil dari pertemuan dan diskusi pada hari ini bisa segera ditindaklanjuti dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purbalingga,” tutupnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut