get app
inews
Aa Read Next : Sudah Sekarat Mau Tenggelam Malah Jadi Tontonan, Pekerja Jembatan Tewas Mengenaskan

Hilang di Hutan Siregol Purbalingga, Pencari Kelelawar Ditemukan Meninggal di Sungai

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 17:27 WIB
header img
Hilang di Hutan Siregol Purbalingga, Pencari Kelelawar Ditemukan Meninggal di Sungai. Foto: Dok Basarnas Cilacap

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.idBasarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap mendapatkan informasi seorang warga hilang di hutan Siregol, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah pada Jumat (2/8). Korban bernama Radiman (30) asal Desa Kramat akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Sabtu (3/8/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, M. Abdullah mengatakan jika berdasarkan informasi, survivor dan rekannya sempat pergi ke hutan Siregol pada Jumat (02/08) pukul 08.00 WIB untuk mencari kelelawar yang berada di perbatasan Desa Kramat dan Desa Sirau. 

"Namun sekitar pukul 13.30 WIB survivor dan rekannya berpisah di dalam hutan setelah mencari kelelawar," kata Abdullah dalam keterangannya, Jumat.

Ia menjelaskan jika pada pukul 14.00 WIB rekan survivor kembali menuju jalan pulang, namun dirinya tidak bertemu dengan survivor. Akan tetapi rekan survivor sempat terdengar suara teriakan dari arag sungai Tambra.

"Rekan survivor turun ke bawah untuk mengecek, namun hingga pukul 15.00 WIB survivor belum juga diketemukan. Kemudian rekan survivor melaporkan kepada pihak keluarga dan masyarakat sekitar untuk melakukan pencarian, namun hingga malam hari belum membuahkan hasil. Selanjutnya melaporkan kepada Basarnas keesokan harinya," ujarnya.

Abdullah mengatakan, pihaknya yang mendapatkan laporan langsung menurunkan satu tim rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap pada pukul 08.18 WIB. Tim tersebut bertugas untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap survivor yang hilang di Hutan Siregol.

“Pada pukul 09.20 WIB Tim Rescuer tiba di lokasi dan melakukan assesment serta penyiapan peralatan, metode pencarian yang dilakukan dengan penyisiran di sekitaran LKP dan penyisiran di tepian sungai Tambra," tutur Abdullah.

Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian sekitar pukul 09.30 WIB menerima informasi dari warga jika survivor ditemukan tersangkut di sungai sejauh 100 meter dari lokasi kejadian.

*Survivor ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Akhirnya Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi Survivor pada pukul 09.50 WIB dan langsung di serahkan kepala pihak keluarga," jelasnya.

Dengan diketemukannya survivor maka secara resmi Operasi SAR dinyatakan di tutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan kekesatuannya masing-masing.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut