get app
inews
Aa Read Next : Jadi Ajang Temu Pelaku Kreatif di Cilacap, Peken Tjilatjapan Pantjak Sekawan Digelar Selama 3 Hari

Dukung Peningkatan Ekonomi Desa Sidamukti, FT Lomanis Bantu Perluasan Kolam Budidaya Ikan Sidat

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 17:14 WIB
header img
Dukung Peningkatan Ekonomi Desa Sidamukti, FT Lomanis Bantu Perluasan Kolam Budidaya Ikan Sidat. Foto: Dok Pertamina

SEMARANG, iNewsPurwokerto.id – Dukungan untuk peningkatan ekonomi kepada masyarakat Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap diberikan oleh Fuel Terminal (FT) Lomanis PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah. Salah satunya dengan bantuan perluasan kolam budidaya ikan sidat Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pur 123 Indah Jaya Desa Sidamukti pada Hari Kamis (22/08) kemarin.

Bantuan ini menjadi bentuk komitmen program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar perusahaan. Tujuan bantuan perluasan kolam ini adalah untuk mengembangkan usaha budidaya ikan sidat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengatakan jika program bantuan perluasan kolam ini adalah bagian dari program CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di wilayah FT Lomanis. Salah satunya yakni melalui Program Budidaya Ikan Air Tawar yang dilakukan di Desa Sidamukti.

Kedepannya, Pertamina rencananya juga akan memberikan pendampingan teknis kepada anggota Pokdakan Pur 123 Indah Jaya Desa Sidamukti.

“Kolam ini dibangun di atas lahan seluas 500 meter persegi dan dirancang untuk budidaya ikan sidat. Selain membantu dalam perluasan kami juga akan memberikan pendampingan yang mencakup pelatihan tentang teknik budidaya yang lebih efisien, manajemen kualitas air, pemberian pakan berkualitas dan pengolahan ikan sidat,” kata Brasto dalam keterangannya, Sabtu (14/8/2024).

Menurut Yuan Peter Paul, Fuel Terminal Manager FT Lomanis mengatakan jika dengan perluasan ini diharapkan bisa meningkatkan produksi kelompok pembudidaya dalam setahun ke depan. Hal ini menjadi bentuk dari komitmen perusahaan untuk bisa berkontribusi pada pengembangan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Sidamukti.

“Kami berharap, melalui program CSR ini, FT Lomanis dapat berperan aktif dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung keberlanjutan lingkungan, diharapkan Desa Sidamukti dapat menjadi salah satu sentra produksi ikan sidat yang berkontribusi besar terhadap ketahanan pangan dan perekonomian di wilayah tersebut,” ujar Paul.

Sementara menurut Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Pur 123 Indah Jaya, Misbah menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga melalui FT Lomanis atas dukungan yang diberikan dalam pembangunan dan perluasan kolam ini, sehingga ke depan warga dapat mengembangkan potensi ekonomi melalui budidaya ikan.

“Dengan adanya perluasan kolam ini, kami optimis produksi ikan sidat akan meningkat, yang tentunya akan berdampak positif pada perekonomian anggota Pokdaka Pur 123 Indah Jaya desa Sidamukti, terima kasih untuk Pertamina,” ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut