get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Hati-hati Wisata di Pantai Selatan, Gelombang Lagi Tinggi

Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:07 WIB
header img
Foto ilustrasi ketika gelombang tinggi landa perairan Cilacap beberapa waktu lalu. (Foto: Elde Joyosemito)

CILACAP, iNews.id- Bagi warga yang ingin meluangkan waktu berwisata di pantai selatan Jawa Tengah (Jateng) dan DIY harus berhati-hati dan waspada. Sebab, saat sekarang kondisinya kurang kondusif, karena terjadi gelombang tinggi. Angin juga bertiup cukup kencang. Itu potensial terjadi di wisata pantai Cilacap, Kebumen, Purworejo sampai DIY.

Dalam rilis tertulis yang diterima iNews Purwokerto, gelombang berkisar antara 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di pantai dan perairan sekitar pantai. Sedangkan di samudra, gelombang mencapai 4-6 meter. “Kami meminta kepada masyarakat untuk waspada jika akan berwisata dan beraktivitas di pantai,”kata pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Adnan Dendy Mardika pada Sabtu (15/5/2021).

Menurutnya, gelombang tinggi tersebut akan berlangsung mulai Sabtu hingga Minggu (15-16/5/2021). Gelombang tinggi tersebut dipicu adanya pola angin yang bergerak di wilayah bagian utara Indonesia dari timur dan timur laut dengan kecepatan 5-15 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia bergerak dari timur dan tenggara dengan kecepatan 5-25 knot.

Di wilayah Cilacap, ada sejumlah pantai yang menjadi lokasi kunjungan wisawatan seperti Pantai Teluk Penyu, Pantai Widarapayung hingga Pantai Jetis. Bagi para pengunjung harus berhati-hati, karena gelombang tinggi. Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada nelayan untuk berhati-hati kalau masih tetap melaut.

Sedangkan untuk cuaca di wilayah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen diperkirakan cerah berawan pada siang hari. Sedangkan pada sore hingga malam hari ada potensi hujan dengan kategori ringan. Wilayah Jateng selatan yang berpotensi hujan kategori ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari adalah Purwokerto, Purbalingga dan Banjarnegara.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut