get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Hibahkan Tanah 17.209 Meter Persegi untuk Pembangunan Mapolres

Bupati Minta Ketua RT dan BPD Ikut Jaga Suasana Kondusif Jelang Pilkada 

Jum'at, 13 September 2024 | 07:01 WIB
header img
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap agar ketua Rukun Tetangga (RT) turut berperan dalam menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Menjelang proses Pilkada Serentak 2024, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap agar ketua Rukun Tetangga (RT) turut berperan dalam menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing.

“Kita sudah memasuki tahun politik yang rawan akan hoaks dan kampanye hitam. Saya berharap para ketua RT dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat menjadi jembatan komunikasi yang baik, jangan sampai memprovokasi masyarakat di bawahnya. Kondusifitas di tahun politik ini sangat penting untuk kita jaga bersama,” ujar Bupati Tiwi saat menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Paguyuban Ketua RT (PKRT) Kecamatan dan Desa, serta Penyerahan SK Penyesuaian Masa Jabatan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Mrebet, Kamis (12/9/2024).

Bupati Tiwi juga menambahkan agar ketua RT turut mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka pada 27 November 2024 dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebagai informasi, tingkat partisipasi masyarakat Purbalingga pada Pemilu 2024 mencapai 80,90 persen, lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2019 yang hanya 78,72 persen.

“Kita harus bisa meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada Pilkada Purbalingga 2024, atau setidaknya mempertahankannya,” lanjutnya.

Pengukuhan PKRT se-Kecamatan Mrebet ini merupakan tindak lanjut dari pengukuhan PKRT tingkat kabupaten, serta penyerahan SK perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) dari enam tahun menjadi delapan tahun.

“Selamat bertugas kepada PKRT dan BPD se-Kecamatan Kutasari yang baru saja dikukuhkan. Semoga kegiatan ini semakin menambah semangat dan motivasi rekan-rekan BPD dan ketua RT untuk terus berkontribusi dalam membangun desa,” kata Bupati Tiwi.

Bupati juga mengingatkan bahwa pembangunan di desa tidak bisa dilakukan sendiri.

Menurutnya, kepala desa harus bersinergi dengan elemen masyarakat yang ada di desa untuk mencapai pembangunan yang maksimal dan menyeluruh.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut