get app
inews
Aa Read Next : Pesta Sinema Festival Film Banyumas 2023 Digelar, Ini Agenda Lengkapnya

Banyumas Aesthetic Kota Lama Bakal Seru, Simak Jadwal Lengkapnya

Rabu, 18 September 2024 | 07:36 WIB
header img
Banyumas Aesthetic Kota Lama bakal digelar mulai Kamis (19/9/2024) hingga Minggu (22/9/2024). Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh DKKB. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Banyumas Aesthetic Kota Lama bakal digelar mulai Kamis (19/9/2024) hingga Minggu (22/9/2024). Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) sebagai penyelenggara dan dipastikan bakal seru. 

Wakil Ketua Umum DKKB Bambang Widodo mengatakan Banyumas Aesthetic Kota Lama adalah program Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) tahun 2024 yang telah diputuskan dalam Rapat Kerja DKKB pada awal tahun 2024 lalu. 

"Program Banyumas Aesthetic Kota Lama berupa rangkaian kegiatan seni budaya yang laksanakan di lingkungan Kota Lama Banyumas pada Kamis hingga Minggu. Dalam kemasan penyelenggaraannya Banyumas Aesthetic Kota Lama ini akan dikolaborasikan dengan kegiatan Banyumas Expo 2024 yang berupa pameran Usaha Kecil dan Menengan (UKM) di Alun-alun Banyumas,"jelasnya pada Rabu (18/9/2024).

Menurutnya, penyelenggaran Banyumas Aesthetic Kota Lama memiliki tiga misi utama. "Pertama, pelestarian seni budaya Banyumasan. Kedua pemajuan seni budaya Banyumasan, yang artinya melalui program ini DKKB bermaksud mendorong seni budaya Banyumasan lebih mampu menjawab tantangan konteks dan jaman yang terus berubah. Dan ketiga, pendayagunaan seni budaya sebagai basis ekonomi kreatif, yang berarti menjadikan seni budaya sebagai modal utama dalam meningkatkan kapasitas ekonomi, baik bagi para pelaku seni maupun bagi masyarakat yang menjadi habitat tumbuhnya seni budaya tersebut,"katanya.

Banyumas Aesthetic Kota Lama merupakan salahsatu program di antara banyak program seni budaya yang telah masuk agenda DKKB untuk tahun 2024 ini, baik yang telah digelar maupun yang baru akan dilaksanakan. 

DKKB juga telah menggelar program Banyumas Aesthetic Soetedja, yaitu rangkaian pentas seni budaya di lingkungan Gedung Kesenian Soetedja pada awal Agustus lalu. Kemudian Festival Kesenian Rakyat Banyumas Eling- Eling yang hingga bulan September ini telah digelar di 20 kecamatan pada waktu yang berbeda. Lalu Parade Seni Tradisional “Slamet Gunung Rahayu” yang diselenggarakan di 10 titik pada bulan Februari-Maret lalu.

Program-program yang disebutkan di atas tentu belum termasuk program- program berskala kecil, program pengiriman delegasi kesenian dan program yang bersifat kolaboratif (kerjasama) antara DKKB dengan lembaga lain. Sepanjang 2024 ini DKKB telah mengagendakan 45 program pementasan seni budaya yang dimulai bulan Februari 2024 sampai Desember 2024.

Sementara Koordinator Panitia Banyumas Aesthetic Kota Lama R Satria Setyanugraha mengatakan berbeda dengan Banyumas Aesthetic Soetedja yang seni pertunjukannya bergenre modern dan kontemporer, rangkaian kegiatan Banyumas Aesthetic Kota Lama ini lebih condong pada seni-seni pertunjukan berhaluan tradisional dan garap (kreasi ulang). 

"Sesuai yang digariskan Ketum DKKB Pak Sadewo Tri Lastiono, semua pertunjukan seni yang digelar dalam Banyumas Aesthetic Kota Lama harus bernuansa budaya tradisional Banyumasan,"katanya.

Selain itu dalam arahan Ketum DKKB, program Banyumas Aesthetic Kota Lama merupakan ikhtiar DKKB untuk mendukung program Pemkab Banyumas, dalam rangka merevitalisasi sekaligus meningkatkan daya tarik Kota Lama Banyumas sebagai pusat pemajuan seni budaya Jawa subkultur Banyumasan. 

Dengan demikian program Banyumas Aesthetic Kota Lama ini memiliki dua tujuan yang bisa direngkuh dalam satu ayunan langkah, yakni pemajuan seni budaya Banyumasan, sekaligus penguatan kapasitas Kota Lama Banyumas sebagai destinasi pariwisata budaya dan ekonomi kreatif yang berbasis seni budaya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut