get app
inews
Aa Read Next : Jadi Ajang Temu Pelaku Kreatif di Cilacap, Peken Tjilatjapan Pantjak Sekawan Digelar Selama 3 Hari

Kilang Cilacap Gelar Donor Darah untuk Stok ke 3 Kabupaten

Sabtu, 21 September 2024 | 10:10 WIB
header img
Program donor darah kembali digelar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap di Gedung Patra Graha. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Program donor darah kembali digelar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap di Gedung Patra Graha, dan kegiatan sosial rutin ini ternyata menjadi tulang punggung ketersediaan darah di wilayah Banyumas Raya.

Seperti yang dilaksanakan pada Kamis (19/9/2024), ribuan kantong darah yang terkumpul akan didistribusikan untuk memenuhi stok darah di Kabupaten Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Hal ini disampaikan oleh Manager Health, Safety, Security, & Environment (HSSE) RU IV, Reza Merizki Siregar, yang didampingi oleh Section Head Health, dr. Bernardo L. Tobing, di sela-sela kegiatan tersebut.

Reza menjelaskan bahwa program donor darah ini merupakan kegiatan rutin RU IV yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap dan telah berlangsung lama.

"Ini adalah bentuk nyata kontribusi kami dalam penyediaan stok darah untuk PMI, serta wujud kepedulian terhadap sesama, mengingat darah adalah kebutuhan vital bagi kita semua," ujarnya.

Lebih lanjut, Reza menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, PMI Cilacap selalu melibatkan PMI dari kabupaten lain di wilayah Banyumas Raya, karena tingginya antusiasme peserta donor darah.

"Kebetulan, kali ini PMI Cilacap bekerja sama dengan PMI Purbalingga dan Banjarnegara, sehingga hasil darah yang diperoleh akan dibagi kepada ketiga PMI tersebut," jelasnya.

Dari 1.263 peserta yang mendaftar, diperoleh 1.107 kantong darah. "Luar biasa, kami sangat mengapresiasi para pendonor. Semoga ini menjadi amal baik bagi kita semua, karena darah yang didonorkan manfaatnya semakin meluas ke masyarakat di berbagai kabupaten di Banyumas Raya," tutur Reza.

Sebagai bentuk penghargaan kepada para pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya, pihak Kilang Cilacap memberikan paket sembako sebagai apresiasi.

"Alhamdulillah, saya rutin ikut donor darah di Pertamina Cilacap dan selalu mendapatkan paket sembako. Terima kasih Pertamina, ini sangat bermanfaat," kata Susana, warga Tambakreja, Cilacap Selatan.

Program donor darah rutin yang digelar oleh Kilang Cilacap ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's), khususnya tujuan ketiga, yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua.

KPI RU IV Cilacap merupakan bagian dari PT KPI, anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama di bidang pengolahan minyak dan petrokimia dengan mematuhi prinsip-prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). 

RU IV Cilacap berkomitmen untuk terus menjalankan bisnis secara profesional demi mewujudkan visi KPI sebagai perusahaan kilang minyak dan petrokimia kelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan memiliki tata kelola yang baik.

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut