get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan, Ini 6 Pantai Eksotis di Cilacap Saat Libur Lebaran

Sabtu, 15 Mei 2021 | 13:35 WIB
header img
Cilacap memiliki wisata pantai dengan panorama yang sangat mengagumkan. (Foto : Elde Joyosemito).

CILACAP, iNews.id - Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Sabtu (15/5/2021) merilis gelombang tinggi di Pantai Selatan Jawa Tengah berkisar antara 2,5 hingga 4 meter, berpotensi terjadi di pantai dan perairan sekitar pantai. Sedangkan di samudra, gelombang mencapai 4-6 meter.

Bagi warga yang ingin meluangkan waktu berwisata di Pantai Selatan Jawa Tengah saat libur lebaran 2021, tetap harus berhati-hati dan waspada. Sebab, gelombang tinggi, angin juga bertiup cukup kencang dan berpotensi terjadi disepanjang wisata pantai Cilacap, Kebumen, Purworejo sampai DIY.

Berlibur saat lebaran di Kabupaten Cilacap rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi deretan tempat wisata yang ada disepanjang pesisir Pantai Selatan tersebut. Pasalnya, Cilacap memiliki wisata pantai dengan panorama yang sangat mengagumkan.

Terletak di Selatan Pulau Jawa, pesisir pantai Cilacap memiliki hamparan pasir putih dan laut yang langsung menuju samudra Hindia. Kira-kira mana saja objek wisata bahari di sepanjang pantai Cilacap yang eksotis, populer dan paling hits serta menyenangkan.

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu merupakan pantai yang khas dengan pasir hitam yang bersih serta lembut, sesuai dengan namanya, pantai ini dikenal sebagai habitat penyu. Sebagian wisatawan datang ke pantai ini untuk berburu sunrise dan melanjutkan berjalan-jalan disekitar bibir pantai sambil menghirup segarnya udara pagi.

Selain itu, pantai yang terletak di Kecamatan Cilacap Selatan ini juga terdapat Benteng Pendem yang yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Di pantai ini juga banyak terdapat warung yang menyajikan beragam menu seafood yang menggugah selera, sehingga bagi para wisatawan, tidak perlu bingung saat berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, karena segalanya sudah tersedia.

2. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung yang terletak di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap ini menjadi pilihan yang sangat tepat saat anda berkunjung bersama keluarga. Selain menikmati panorama keindahan laut Selatan yang langsung menuju samudra Hindia, di tempat tersebut juga terdapat berbagai wahana yang disediakan untuk anak-anak.

Selain itu para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti menunggang kuda disepanjuang pesisir pantai, bermain pasir, berburu kepiting sambil hunting foto. Namun di pantai yang lamgsung berbatasan dengan samudra Hindia ini memiliki gelombang air laut yang sangat tinggi, sehingga sangat rawan jika wisatawan berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Meskipun dilokasi tersebut juga terdapat petugas penjaga pantai yang selalu mengawasi pergerakan para wisatawan.

Karena memiliki ombak yang tinggi, di pantai tersebut juga sering digunakan sebagai lokasi latihan selancar sambil menjajal kemampuan menaklukkan tingginya ombak dari papan selancar. Kebanyakan yang melakukan kegiatan tersebut, merupakan warga lokal disekitar pantai Widarapayung.

3. Pantai Sodong

Pantai sodong berada di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Dipantai ini sadikit berbeda dengan gelombang laut yang ada di Pantai Widarapayung. Di Pantai Sodong ini ombak lautnya tidak terlalu besar, sehingga wisatawan dapat bermain disekitar lautan, meskipun tetap harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata.

Pantai Sodong sendiri banyak dikagumi oleh para wisatawan karena memiliki suasana alam yang sangat menarik. Dengan diapit oleh Gunung Selok dan Pantai Bunton serta dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

4. Pantai Jetis

Pantai Jetis berada di Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap dan objek wisata pantai ini berada paling ujung sebelah Timur wilayah Cilacap dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Meskipun jauh jika ditempuh dari pusat Kota Cilacap, namun wisata Pantai Jetis kerap menjadi tujuan wisata dan liburan bersama keluarga.

Pemandangan alam yang tersaji di Pantai Jetis tidak hanya lautnya saja yang memiliki gelombang tinggi dan sering dimanfaatkan untuk olahraga selancar. tetapi juga bentangan pantai dengan pegunungan tebing kapur, menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta fotografi. Pasalnya saat sore menjelang, pemandangan alam di Pantai Jetis sangat indah, sehingga banyak pecinta fotografi yang berburu sunset.

Karena berdekatan dengan tempat pelelangan ikan, wisatawan juga dapat langsung membeli ikan dari para nelayan yang yang masih segar-segar di pasar ikan yang berada di Pantai Jetis. Selain itu, wisatawan juga dapat langsung memesan makanan seafood dari warung yang ada di objek wisata tersebut, karena bahan bahan tersebut langsung diolah dari hasil menjaring para nelayan di laut, sehingga masih segar.

5. Pantai Kali Kencana

Pantai ini terletak di Pulau Nusakambangan, meskipun berada di Pulau penjara, namun Pulau Nusakambangan yang masih masuk wilayah Kabupaten Cilacap ini juga menyimpan banyak surga tersembunyi dengan deretan pantainya yang sangat eksotis, salah satunya Pantai Kali Kencana.

Untuk menuju pantai tersebut, wisatawan dapat menempuhnya selama 15 menit menggunakan perahu tradisional dari Pantai Teluk Penyu Cilacap. Setelah tiba di Pulau Nusakambangan, wisatawan harus berjalan melewati hutan karang selama kurang lebih tiga jam perjalanan hingga tiba di Pantai Kali Kencana. Hamparan pasir pantai yang putih dan birunya laut membayar semua keletihan selama perjalanan menuju pantai Kali Kencana.

6. Pantai Kalipat

Surga tersembunyi lainnya di Pulau Nusakambangan yakni Pantai Kalipat. Namun lokasi Pantai kalipat yang berada diujung Timur Pulau Nusakambangan ini lebih mudah dijangkau, tidak memerlukan waktu lama seperti saat menuju Pantai Kali Kencana, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam berjalan melintasi hutan karang.

Di Pantai Kalipat juga tidak kalah eksotis dengan pantai lainnya. Deburan ombak dan angin laut yang berhembus sepoi-sepoi, serta birunya air laut dan bersihnya pasir laut menambah betah. Ditambah tenangnya pantai tersebut, membuat anda ingin lebih berlama-lama.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut