get app
inews
Aa Read Next : Bedah Buku Naskah Kuno Papeling, Pentingnya Menjaga dan Melestarikan Warisan Budaya

Purbalingga Raih Predikat Baik Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024

Kamis, 26 September 2024 | 20:31 WIB
header img
Pemkab Purbalingga Raih Predikat Baik Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga berhasil meraih predikat “Baik” dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,81 poin dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024. Capaian ini meningkat signifikan jika dibandingkan tahun 2023, di mana Pemkab Purbalingga meraih predikat "Cukup" dengan nilai sebesar 2,06 poin.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan sinergitas dengan berbagai pihak, Pemkab Purbalingga tahun 2024 dapat meraih Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,81 dengan predikat Baik," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga Jiah Palupi Twihantarti saat menghadiri Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

EPSS sendiri bertujuan untuk mengukur kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik, baik di tingkat pusat maupun daerah. Penilaian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya mulai dari penilaian mandiri, penilaian dokumen, hingga penilaian interview.

Pada tahun ini, kegiatan statistik sektoral yang dinilai dari Pemkab Purbalingga adalah Kompilasi Data Kematian Ibu tahun 2023 dari Dinas Kesehatan, serta Kompilasi Data KTP-e tahun 2023 dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kedua data itu menjadi bagian dari evaluasi yang berkontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Statistik Kabupaten Purbalingga.

“Semoga capaian prestasi ini akan dapat menambah semangat dan etos kerja para Pengelola Statistik di Kabupaten Purbalingga sehingga Indeks Pembangunan Statistik akan terus meningkat dan tata kelola statistik di Kabupaten Purbalingga akan semakin betmanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Jiah Palupi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian tata kelola data di Kabupaten Purbalingga.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut