get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Irak, Timnas Indonesia Masih Potensial Lolos ke Babak Ketiga, Ini Klasemennya

Mauro Zijlstra yang Disebut-sebut Segera Dinaturalisasi, Inilah Sosoknya

Jum'at, 27 September 2024 | 08:10 WIB
header img
Mauro Zijlstra juga optimis bahwa Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2026. (Foto: IG Pribadi)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Pemain keturunan Indonesia, Mauro Zijlstra, disebut-sebut akan segera mengikuti proses naturalisasi. 

Mauro Zijlstra juga optimis bahwa Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2026

Striker FC Volendam U-21 itu menilai kekuatan Skuad Garuda, baik di lini depan maupun belakang, semakin solid, yang membuat tim asuhan Shin Tae-yong mampu bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Saat ini, Timnas Indonesia sedang berjuang di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika berhasil finis di dua posisi teratas, Timnas Indonesia akan otomatis mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026.

Hingga saat ini, Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara dengan koleksi dua poin. Poin tersebut didapat dari hasil imbang melawan Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

Zijlstra menilai bahwa Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Ia mengapresiasi solidnya lini pertahanan Skuad Garuda, terutama dengan kehadiran Maarten Paes sebagai penjaga gawang.

"Saya pikir Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026," kata Zijlstra dalam kanal Youtube Yussa Nugraha, Rabu (25/9/2024).

"Timnas Indonesia sekarang sudah sangat bagus, terutama di sektor pertahanan. Dengan Maarten Paes di gawang, lini belakang menjadi sangat kuat," lanjutnya.

Di sisi lain, lini serang Timnas Indonesia juga diyakini akan semakin berbahaya dengan hadirnya amunisi baru, Eliano Reijnders, yang siap bermain sebagai winger. Reijnders hanya tinggal menunggu proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya pikir lini depan akan semakin baik dengan kehadiran Eliano Reijnders. Dengan pertahanan yang sudah solid, serangan Indonesia akan menjadi lebih berbahaya," ujar Zijlstra.

Selain Eliano, ada juga Mees Hilgers, bek muda yang proses naturalisasinya hampir selesai. Kedua pemain tersebut akan menjalani sumpah WNI di Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, Belanda.

Meskipun demikian, jika Timnas Indonesia gagal finis di dua posisi teratas Grup C, mereka masih memiliki peluang lolos ke Piala Dunia 2026. Syaratnya, Skuad Garuda harus finis di posisi tiga atau empat dan melanjutkan perjuangan di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebelumnya, Ara Sinulingga mengungkapkan akan ada pemain depan yang tengah dijajaki proses naturalisasinya. Kalau prosesnya dilakukan di bulan Oktober, maka kemungkinan sang pemain keturunan baru itu bisa beraksi membela Timnas Indonesia pada bulan November mendatang.

“Paling tidak kalau dia kita proses nanti Oktober, misalnya ada peluang seperti itu, mungkin November baru ada lagi yang bisa kita mainkan,” kata Arya.

Bisa jadi, sosok yang dimaksud adalah Mauro Zijlstra. Sebab, pemain FC Volendam U-21 itu sudah mengungkapkan kalau PSSI saat ini sedang mengecek dokumennya, dan dia hanya tinggal menunggu lampu hijau dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir untuk bersalaman.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut