get app
inews
Aa Read Next : Bupati Kebumen Sebut Gaji Perangkat Desa Seharusnya Minim Rp3,5 Juta

Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Siapkan 3.865 Sambungan Rumah Gratis

Selasa, 01 Oktober 2024 | 11:20 WIB
header img
Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen mengadakan sosialisasi terkait pemasangan jaringan pipa dan 3.865 sambungan rumah (SR) secara gratis. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen mengadakan sosialisasi terkait pemasangan jaringan pipa dan 3.865 sambungan rumah (SR) secara gratis di Pendopo Kecamatan Kutowinangun pada Senin (30/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Edi Rianto, Direktur PDAM Kebumen Zein Mustain, Asisten Sekda Sri Kuntarti, Dewan Pengawas Ujang Sugiono, serta beberapa camat, kepala desa, dan perwakilan dari Dinas PUPR.

Direktur PDAM Kebumen, Zein Mustain, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memenuhi hak dasar masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan yang terkait dengan penyakit yang berasal dari air.

"Program ini bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap air bersih, sehingga mereka terlindungi dari berbagai penyakit yang ditularkan melalui air kotor. Selain itu, program ini juga mengurangi penggunaan air tanah melalui sumur bor," jelas Zein.

Zein menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyediakan akses air minum yang aman dengan menerapkan misi pengembangan air minum berdasarkan prinsip 5K-TA, yang meliputi Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, Keterjangkauan, Kemudahan Pelayanan, Tekanan Air 3-5 meter, dan penanganan pengaduan pelanggan secara cepat dan tepat.

Jaringan pipa PDAM ini akan mencakup 64 desa yang tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Kebumen, Alian, Bonorowo, Poncowarno, Buluspesantren, Kutowinangun, Prembun, Ambal, dan Mirit.

"Pemasangan jaringan pipa dan sambungan rumah ini diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat. Setelah sosialisasi ini, Insya Allah kita akan memulai pengerjaan pada Desember 2024," ungkap Zein.

Sekda Edi Rianto berharap program sambungan rumah gratis ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Kebumen serta meningkatkan cakupan layanan air minum di wilayah tersebut.

"Kami menyambut baik program ini, terutama karena gratis. Ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam memastikan ketersediaan air bersih untuk mencegah stunting," ujar Edi.

Edi juga menambahkan bahwa program ini mendukung inisiatif Kementerian PUPR melalui DAK Air Minum sesuai dengan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2024. Program ini mencakup pemasangan jaringan perpipaan dan sambungan rumah secara gratis.

"PDAM Kebumen sebagai BUMD telah merespons cepat program ini dengan rencana pemasangan 3.865 sambungan rumah, termasuk 1.043 SR dari DAK Air Minum Stunting dan 2.822 SR dari Inpres," jelasnya.

Edi berharap proyek ini dapat diselesaikan tepat waktu agar masyarakat segera merasakan manfaat air bersih, mendukung terciptanya lingkungan dan masyarakat yang lebih sehat.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut