get app
inews
Aa Read Next : 163 ASN Banyumas Masuki Masa Pensiun 3 Bulan ke Depan

BPJS Kesehatan Purwokerto Gandeng Mahasiswa UMP Sosialisasi Pentingnya Program JKN

Selasa, 08 Oktober 2024 | 11:47 WIB
header img
BPJS Kesehatan Purwokerto menjadi narasumber Pengenalan Program JKN pada Kuliah Elektif di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Selain berfokus pada upaya peningkatan kualitas layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto juga bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Pengenalan Program JKN pada Kuliah Elektif di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Kegiatan Pengenalan Program JKN bukan hanya menjadi sarana penyebaran informasi. Namun, harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan yang berkualitas seperti Program JKN,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Niken Sawitri.

Mengingat peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa, Niken juga berharap agar mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarluaskan informasi terkait Program JKN kepada masyarakat.

Edukasi merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya Program JKN. Edukasi yang memadai akan membantu masyarakat memahami manfaat, hak, dan kewajiban sebagai peserta JKN sehingga dapat memanfaatkan program ini secara optimal.
Antusiasme mahasiswa dalam kegiatan Pengenalan Program JKN terlihat dari respon positif yang disampaikan Nikko Hafizh Nugroho (21) salah seorang mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 

“Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat. Kita sebagai mahasiswa mendapatkan pemahaman mendalam mengenai Program JKN dan BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyelenggaranya.  Program JKN sangat bermanfaat untuk masyarakat sebagai perlindungan ketika membutuhkan pengobatan,” katanya.

Sambutan positif juga ditunjukkan oleh Neysa Fauziyyah Arida (21) seorang mahasiswa lainnya. Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat menarik dan bermanfaat untuk lebih mengenal penyelenggaraan Program JKN.

“Kegiatan ini mendorong kami sebagai mahasiswa kedokteran untuk bisa turut berkontribusi memberikan edukasi atas pentingnya asuransi kesehatan dalam menanggung biaya pengobatan,” tuturnya.

Setiap Warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas tanpa memandang status sosial dan ekonomi. Namun, tarif biaya pelayanan kesehatan yang terus mengalami kenaikan tentu menjadi beban finansial bagi masyarakat.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut