get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat akan Akui Negara Palestina Ikuti Inggris, Semoga Bukan Basa-basi!

Kue Sepotong Berumur 40 Tahun Laku Rp36 Juta, Begini Ceritanya

Jum'at, 13 Agustus 2021 | 09:34 WIB
header img
Kue pernikahan Pangeran Charles dengan Putri Diana terjual Rp36 juta dalam lelang di Inggris (Foto: EPA-EFE)

LONDON, iNews.id - Fantastis. Sepotong kue harganya 1.850 poundsterling atau sekitar Rp36,7 juta. Tetapi kue tersebut memang istimewa. Sebab, itu merupakan kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana Spencer. Meski harganya super mahal, kue itu tak bisa dimakan karena kedaluwarsa.

Kue yang masih tampak segar ini di lelang di Inggris, Rabu (11/8/2021). Nilai kue Marzipan dengan lapisan gula tebal dihiasi lambang kerajaan itu tiga kali lipat lebih tinggi dari prediksi awal yakni 300 hingga 500 poundsterling.

"Kami terkejut dengan banyaknya orang yang ingin menawar potongan besar dan unik dari kue kerajaan ini," kata Chris Albury, dari Dominic Winter Auctioneers, dikutip dari AFP, Kamis (12/8/2021).

Banyak  penawaran datang dari Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara Timur Tengah. Namun akhirnya kue berusia 40 tahun itu jatuh ke tangan seorang warga Leeds, Inggris, bernama Gerry Layton.

"Saya selalu menjadi monarki dan sudah melihat gaun pengantin di Istana Kensington. Saya kira ingin membawanya ke rumah, yang akan disumbang untuk acara amal setelah saya meninggal. Saya harus memikirkan cara untuk menghentikan keinginan untuk memakannya," kata Layton.

Kue itu mulanya milik Moyra Smith, seseorang yang bekerja untuk Ratu Elizabeth II di kediaman Clarence House, London.

Setelah meninggal, keluarga Moyra menjualnya melalui rumah lelang yang sama pada 2008 seharga 1.000 poundsterling kepada seorang kolektor pribadi. Sang kolektor melepasnya kembali dalam lelang kemarin. J

uru lelang menyebut penampilan kue pernikahan masih sama persis seperti saat pertama dijual. Kue dibungkus dengan plastik tipis dalam kaleng disertai tulisan, "Pegang dengan hati-hati".

Tampak juga tulisan tanggal 29 Juli 1981, hari pernikahan Pangeran Charles dengan Diana.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut