get app
inews
Aa Text
Read Next : Rayakan Hari Kasih Sayang, KAI Daop 5 Purwokerto Beri Kejutan Upgrade Kelas Gratis!

PT KAI DAOP 5 Purwokerto Catat Kinerja Positif, Ketepatan Waktu Capai 99,51%

Selasa, 04 Maret 2025 | 17:58 WIB
header img
PT KAI DAOP 5 Purwokerto Catat Kinerja Positif, Ketepatan Waktu Capai 99,51%. foto: Dok Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 (Daop 5) Purwokerto terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan perjalanan kereta api. Sepanjang Februari 2025, perusahaan mencatatkan pencapaian positif dalam berbagai aspek operasional, terutama dalam ketepatan waktu, keselamatan, dan kepuasan pelanggan.

Salah satu indikator utama keberhasilan PT KAI Daop 5 Purwokerto adalah ketepatan waktu keberangkatan kereta jarak jauh yang mencapai 99,51%, sementara ketepatan waktu kedatangan sebesar 96,92%. Angka ini menjadi bukti bahwa PT KAI semakin andal dalam memberikan layanan transportasi yang tepat waktu bagi masyarakat.

"Kami sangat bangga dengan capaian ketepatan waktu sebesar 99.51 % untuk keberangkatan KA jarak jauh pada bulan Februari 2025. Ini adalah bukti komitmen kami dalam memberikan layanan transportasi yang tepat waktu dan dapat diandalkan," ujar Krisbiyantoro, Manager Humas Daop 5 Purwokerto dalam keterangannya, Selasa (4/3/2025).

Tak hanya meningkatkan ketepatan waktu, volume pelanggan kereta api jarak jauh di wilayah Daop 5 Purwokerto juga mengalami peningkatan signifikan. Pada Februari 2025, jumlah penumpang mencapai 573.442 orang, naik 8% dibandingkan Februari 2024 yang mencatat 532.219 penumpang.

"Kami juga melihat peningkatan dalam jumlah penumpang. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin mempercayai dan memilih kereta api sebagai moda transportasi utama mereka," jelasnya.

Menurutnya, terdapat lima stasiun dengan jumlah penumpang terbesar sepanjang Februari 2025, diantaranya adalah:

- Stasiun Purwokerto: 113.057 penumpang naik, 118.186 penumpang turun
- Stasiun Kutoarjo: 35.727 penumpang naik, 37.553 penumpang turun
- Stasiun Kroya: 32.487 penumpang naik, 31.978 penumpang turun
- Stasiun Kebumen: 20.251 penumpang naik, 19.896 penumpang turun
- Stasiun Cilacap: 17.718 penumpang naik, 17.244 penumpang turun

Kelima stasiun ini menjadi pusat mobilitas utama masyarakat di wilayah Daop 5 Purwokerto, menunjukkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan.

PT KAI Daod 5 Purwokerto juga terus berupaya meningkatkan kenyamanan penumpang dengan menyediakan fasilitas yang lebih baik di stasiun, optimalisasi layanan informasi, serta memperketat prosedur keselamatan. Perusahaan juga aktif berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait untuk menjaga keamanan di sepanjang jalur kereta api, termasuk di perlintasan sebidang.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang, serta bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga operasional yang aman dan tertib. Kami berharap, peningkatan jumlah penumpang ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jalur kereta api," pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut