Trafik Data Indosat Melonjak 21% Selama Idulfitri, WhatsApp hingga TikTok Jadi Andalan

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat lonjakan trafik data nasional sebesar 21% selama periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa.
Peningkatan ini didorong oleh masifnya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Lima aplikasi dengan aktivitas tertinggi sepanjang periode tersebut adalah WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram.
Lonjakan trafik ini berhasil diantisipasi dengan baik berkat kesiapan jaringan Indosat yang andal dan tersebar merata di seluruh wilayah operasional. Puncak lalu lintas data tercatat pada 4 April 2025, bertepatan dengan arus balik Lebaran.
Di wilayah regional Jawa Tengah, peningkatan trafik data tertinggi tercatat di Kebumen dengan lonjakan sebesar 87,7%. Disusul Tegal dan Purwokerto yang masing-masing mengalami peningkatan sebesar 70,9% dan 57,5%.
Indosat memastikan kualitas jaringan tetap optimal di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital, termasuk di kota-kota besar dan berbagai titik tujuan mudik.
Perusahaan juga melakukan optimalisasi jaringan di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata favorit guna menjamin konektivitas pelanggan tetap terjaga tanpa hambatan.
Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, menyatakan bahwa pihaknya percaya teknologi canggih harus diimbangi oleh sentuhan manusia. "Layanan kami selama Idulfitri ini mencerminkan komitmen pada Unparalleled Network Services Guaranteed dan dedikasi para engineer kami yang bekerja di lapangan untuk memastikan pengalaman digital pelanggan tetap lancar,"katanya.
Komitmen Indosat untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia ditopang oleh kerja keras lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia. Mereka bersiaga 24 jam di berbagai titik strategis, termasuk di Digital Intelligence Operations Center (DIOC), demi menjaga layanan tetap berjalan mulus, bahkan di puncak trafik Lebaran.
“Bagi kami, ini bukan sekadar tugas, tapi panggilan jiwa. Meski tidak bisa berkumpul bersama keluarga saat Lebaran, kami bangga bisa menjadi bagian dari kebahagiaan jutaan orang. Saya dan tim sudah bersiap sejak sebelum Ramadan, memeriksa setiap site agar jaringan tetap prima,” ungkap Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.
Untuk mengakomodasi lonjakan kebutuhan data, Indosat telah menambah kapasitas lebih dari 9.600 sites, serta mengoperasikan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS di lokasi-lokasi strategis. Infrastruktur jaringan kini diperkuat oleh INFINITE by Indosat (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience), sistem operasi jaringan terintegrasi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan cognitive learning, yang memungkinkan koneksi pelanggan tetap stabil dan aman di mana pun dan kapan pun.
“Indosat tidak sekadar membangun jaringan, tetapi juga membangun kepercayaan. Kami berkomitmen untuk terus mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan layanan berkualitas tinggi, khususnya di momen-momen penting seperti Idulfitri,” tutup Desmond.
Editor : EldeJoyosemito