get app
inews
Aa Text
Read Next : Santri Ponpes di Kroya Ikut Khitanan dan Pemeriksaan Gratis Kolaborasi FK UMP dan RS Aghisna

Dua Tahun Kembali Layani Penumpang, Stasiun Jeruklegi Catat Tren Positif

Jum'at, 08 Agustus 2025 | 19:35 WIB
header img
Dua Tahun Kembali Layani Penumpang, Stasiun Jeruklegi Catat Tren Positif. Foto: Daop 5 Purwokerto

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Setelah lebih dari satu dekade tidak aktif, Stasiun Jeruklegi di Kabupaten Cilacap kembali mencatat tren pertumbuhan yang positif sejak beroperasi melayani naik-turun penumpang pada 1 Maret 2023. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk memperluas akses transportasi serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah selatan Jawa Tengah.

Berdasarkan data resmi KAI menunjukkan peningkatan signifikan jumlah penumpang dari tahun ke tahun. Selama 2023, tercatat 10.605 penumpang naik dan 10.127 penumpang turun melalui Stasiun Jeruklegi. Angka ini melonjak tajam pada 2024 menjadi 22.352 penumpang naik dan 21.381 penumpang turun. Sementara hingga Agustus 2025, jumlah penumpang naik telah mencapai 18.399 orang dan penumpang turun 17.933 orang.

Jika ditinjau dari rata-rata bulanan, pada 2023 tercatat sekitar 883 penumpang naik per bulan. Jumlah ini meningkat drastis sebesar 111% menjadi 1.862 penumpang per bulan di 2024. Kenaikan berlanjut pada 2025, dengan rata-rata bulanan mencapai 2.477 penumpang, atau tumbuh sekitar 33% dibanding tahun sebelumnya.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menyampaikan bahwa reaktivasi Stasiun Jeruklegi merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendekatkan layanan transportasi kepada masyarakat.

“Setelah lebih dari 10 tahun tidak beroperasi, Stasiun Jeruklegi kini kembali menjadi simpul penting dalam jaringan transportasi di Cilacap. Peningkatan jumlah penumpang dari tahun ke tahun membuktikan bahwa masyarakat menyambut positif kehadiran kembali stasiun ini,” ujar Krisbiyantoro dalam keterangannya, Jumat (8/8/2025).

Sebagai bentuk dukungan terhadap kenyamanan pengguna jasa, KAI Daop 5 telah melakukan serangkaian peningkatan fasilitas di stasiun ini. Mulai dari perbaikan infrastruktur, peningkatan kebersihan dan keamanan, hingga optimalisasi layanan pelanggan.

Masyarakat juga dimudahkan dalam mengakses informasi perjalanan melalui aplikasi Access by KAI dan berbagai saluran resmi lainnya yang terus dikembangkan.

“Kami mengajak masyarakat untuk terus mendukung keberadaan Stasiun Jeruklegi dengan menjaga fasilitas umum, mematuhi aturan keselamatan, dan menggunakan layanan ini secara bijak,” tambah Krisbiyantoro.

Tidak hanya memperlancar mobilitas warga, kehadiran kembali Stasiun Jeruklegi juga diharapkan berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di sektor perdagangan, pendidikan, dan pariwisata.

Hingga saat ini, Stasiun Jeruklegi melayani sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah, di antaranya KA Kutojaya Selatan, KA Serayu, KA Malabar, KA Pasundan, dan KA Lodaya.

Sebagai operator transportasi publik, KAI Daop 5 Purwokerto menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan ramah lingkungan bagi seluruh masyarakat.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut