get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Longsor Kutabima Cilacap, Ratusan Warga Dievakuasi ke Gedung Sekolah

Minggu, 03 April 2022 | 13:57 WIB
header img
Bencana tanah longsor di Desa Kutabima, Cilacap diungsikan ke gedung SD. (iNewsTV/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Tanah longsor yang terjadi di Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyebabkan ratusan warga terdampak. Longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras selama sehari, Jumat (1/4/2022) hingga Sabtu (2/4/2022).

Akibat guyuran hujan terus menerus tanah di perbukitan longsor dan menimbun akses jalan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini, namun tiga rumah warga rusak.

Untuk mengantisipasi timbulnya korban, tim relawan BPBD, TNI-Polri melakukan evakuasi warga yang masih bertahan di rumah.

Warga yang sebelumnya memilih tinggal di rumah, kini diungsikan ke tempat yang aman. Proses evakuasi warga tidak lah mudah, karena akses jalan tertimbun material longsor.

BPBD Kabupaten Cilacap menyediakan tempat pengungsian yakni di gedung sekolah dasar (SD) 04 Kutabima. Di gedung sekolah ini, terdapat 60 kepala keluarga yang terdiri dari 150 warga yang mengungsi sejak Sabtu siang.

Ratusan warga Desa Kutabima yang tinggal di sekitar lokasi longsor kini menempati dua ruang kelas untuk tempat pengungsian sementara.

“Saya memilih mengungsi karena takut bila bencana tanah longsor susulan di desa terjadi lagi,” kata Eti Haryati, pengungsi terdampak longsor, Minggu (3/4/2022).

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut