Logo Network
Network

Begini Kronologi Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan Puluhan Napi

Tim iNews.id
.
Rabu, 08 September 2021 | 09:41 WIB
Begini Kronologi Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan Puluhan Napi
Kamar narapidana di Lapas Tangerang terbakar. (Foto: Hasan Kurniawan)

TANGERANG, iNews.id - Kebakaran hebat melanda Blok C Lapas Pemuda Kelas I Tangerang, Banten Rabu (8/9/2021) dini hari. Hingga saat ini tercatat 41 napi tewas

Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima menjelaskan kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 01.45 WIB dari Blok C. Api baru bisa dipadamkan pukul 03.00 WIB.

"Api berhasil dipadamkan pukul 03.00 WIB. Api berkobar dari jam 01.45 WIB. Kemungkinan besar kebakaran ini berlangsung selama dua jam lebih," kata Deonijiu di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021). 

Saat api membesar, napi penghuni Blok C bersama dengan anggota jaga melaksanakan pengecekan ke ruang tahanan Blok C dan berusaha untuk melakukan evakuasi.

Nahas, dalam proses evakuasi itu, petugas hanya berhasil menyelamatkan sekitar 20 orang napi. Sedangkan 100 orang napi dilaporkan tidak berhasil dievakuasi karena api yang semakin membesar. 

"Polres didukung tim dari Polda melakukan pengamanan di TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan dan upaya memadamkam dan mengisolasi agar api tidak meluas. Itu langkah awalnya," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda Lapas Tangerang. Puluhan narapidana dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Tampak dalam foto-foto yang beredar, kondisi dalam lapas hangus terbakar api. Pada foto yang beredar juga tampak kobaran api masih menyala di dalam lapas. Pagar besi, dan kawat tampak mengelilingi kawasan lapas tersebut. Sejumlah petugas lapas juga tampak berada di lokasi. 

Informasi yang diperoleh, korban tewas berjumlah 40 orang, 72 orang luka ringan, dan 8 orang luka berat. Saat ini seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang dan RSU Sitanala.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini