get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Wow! Libur Lebaran Dieng Raup Pemasukan Rp 2 Miliar

Kamis, 27 Mei 2021 | 10:51 WIB
header img
Wisatawan berfoto di Jembatan Khayangan yang mengitari Kawah Sikidang, Dieng, Banjarnegara. (Foto: Bayu Sasongko)

BANJARNEGARA, iNews.id- Pekan libur Lebaran lalu, destinasi wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, bagaikan menuai panen. Hasil yang didulang dari masa libur itu, cukup fantastis. Pemasukan daerah dari Dieng mencapai Rp 2 miliar.

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh dari Dieng, pada libur Lebaran mencapai Rp 2 miliar lebih," ungkap Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Budhi menambahkan, angka tertinggi kunjungan wisatawan ke Dieng terjadi pada hari Minggu (23/5/2021) lalu, yakni mencapai 17 ribu pengunjung. Atau jika dirupiahkan dengan harga tiket Rp 20 ribu di objek wisata, pendapatan dalam satu hari itu mencapai Rp 300 juta  lebih.

Dengan itu, Budhi memiliki catatan sendiri, jumlah kunjungan ramai tentunya masih terdapat kendala di sejumlah sisi. Seperti perparkiran, akses jalan, dan kemacetan. Untuk itu, tahun depan Banjarnegara akan fokuskan anggaran pembangunan infrastruktur di Dieng.

"Seperti di Sikidang, parkir macet. Nanti akan kita buka kembali, harapannya akses lancar dan tidak macet," ujarnya.

Tak hanya akses di kawasan Dieng saja, namun Bupati juga memiliki rencana membuka rute jalan baru menuju tanah para Dewa itu dengan jarak tempuh lebih singkat dan cepat.

"Mungkin hanya 25 menit dari Banjarnegara, sampai ke Dieng. Nanti lewatnya Desa Limbangan (Kecamatan Madukara). Dari situ jalannya bagus, dan lebar," kata Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, destinasi wisata favorit wisatawan di Dieng selama pekan libur Lebaran adalah Kawah Sikidang. Jembatan khayangan atau boardwalk yang ada di Sikidang, menjadi daya tarik wisatawan. Sebab pengunjung dapat melihat fenomena unik kawah dari jarak sangat dekat.

"Wisatawan 70 persen kunjungki Kawah Sikidang. 30 persen sisanya datang ke kompleks Candi Arjuna," ujar Agung.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut