Begini Kisah Mulia Driver Ojol Wanita yang Menolong Kucing Terlantar di Jalanan

Ervan David
.
Kamis, 12 Mei 2022 | 19:14 WIB
Kusmiati memberi makan kucing-kucing liar di jalan. (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)

BANDUNG, iNews.id - Kusmiati (40) seorang pengemudi ojek online (ojol) wanita ini memiliki kebiasaan yang mulia. Dengan kemurahan hatinya, ia menolong dan menyelamatkan kucing-kucing yang terlantar dan terluka di jalanan.

Aksi mulia Kusmiati terhadap hewan manja tersebut telah dilakukan sejak 2017 silam. Saat itu, 

Aksi Kusmiati itu sudah dilakukan sejak 2017, dimana saat ia terjun sebagai driver Ojol kerap menemukan kuncing yang kelaparan maupun terluka. Kebanyakan, kucing-kucing yang ditemukan di jalanan itu akibat tertabrak atau terserempet kendaraan yang melintas di jalan raya.

Bahkan, tak jarang Kusmiati menemukan kucing yang telah mati terlindas kendaraan. Dia pun menyempatkan diri menguburkan bangkai hewan itu.

Bahkan saat melakukan aksi mulia itu, ia kadang harus merogoh kocek sendiri untuk membayar biaya pengobatan dan membelikan makanan kucing liar. Bahkan saking sayangnya, Kusmiati kerap membawa makanan dari rumah untuk diberikan kepada kucing-kucing liar yang ditemui di sepanjang jalan.

Ia memang sering berhenti di jalan saat melihat kucing kelaparan dan kesakitan. Hatinya iba, dan tergerak untuk menolong kucing-kucing liar terluka itu dengan membawanya ke klinik hewan. Sejak saat itu, ketika berangkat dari rumah di Jalan Batik Pekalongan, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Kusmiati selalu meniatkan diri untuk menolong kucing telantar.

Kusmiati biasa memanggil kucing-kucing liar itu dengan seruan khas. "Meng... meng.. meng..," ujar Kusmiati. 

Entah memang sudah kenal atau mengerti dengan panggilan itu, beberapa ekor kucing pun berdatangan. 

Lantas wanita paruh baya itu pun meletakkan makanan kucing ke trotoar. Kucing-kucing liar itu pun lahap menyantap makanan kering yang diberikan Kusmiati. "Saya yakin, rezeki mah pasti ada. Buat saya, buat anak-anak. Anak-anak ya kucing liar di jalanan," kata Kusmiati sambil tersenyum.

Meski aturan pekerjaan tidak membolehkan membawa hewan, namun Kusmiati tetap mengantarkan kucing liar yang sedang sakit ke klinik hewan terdekat. Kini, Kusmiati lebih banyak melayani mengantarkan kucing ke klinik dibanding penumpang.

Aksi mulia Kusmiati ini membawa berkah tersendiri. Kusmiati kerap dimintai tolong warga yang mempunyai kucing peliharaan untuk diantarkan ke klinik hewan. Namun untuk order ini, Kusmiati melayani offline karena perusahaan tidak mengizinkan.

Untuk layanan itu, Kusmiati melengkapi sepeda motor kesayangannya, nopol D 3422 ABF dengan kotak khusus bertuliskan Cat Transport. Bahkan kini, warga mempercayakan donasi kepada Kusmiati untuk menolong kucing-kucing liar.

Kusmiati tak meminta imbalan dari aksi mulianya menolong kucing-kucing liar itu. Dia hanya berharap masyarakat juga lebih peduli kepada kucing-kucing telantar di jalanan. "Alhamdulillah sekarang banyak bantuan dari para donatur untuk menolong kucing-kucing liar telantar di jalanan," ujar Kusmiati. 

 

 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini