Logo Network
Network

Universitas di Purwokerto

Anugrah Nursyifa P
.
Kamis, 07 Oktober 2021 | 22:17 WIB
Universitas di Purwokerto
Universitas di Purwokerto berikut ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi., salah satunya Universitas Jenderal Soedirman. (Foto: Ist)

PURWOKERTO,iNews.id  - Universitas di Purwokerto berikut ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kota Purwokerto sama halnya dengan kota-kota lainnya juga banyak terdapat perguruan tinggi yang berkualitas dan sudah terakreditasi.  Selain itu, suasana di Kota Purwokerto yang sejuk dan tenang sangat cocok sebagai tempat untuk menimba ilmu. 

Persoalan mengenai biaya hidup, kamu tak perlu khawatir. Kota Purwokerto sangat ramah dengan kantong para perantau karena biaya hidup disini masih tergolong murah. 

Nah, berikut 10 perguruan tinggi yang ada di Purwokerto dirangkum pada  Kamis, 2 Oktober 2021.

1. Universitas Jenderal Soedirman
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) merupakan perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak 23 September 1963. Sebagai universitas yang memiliki akreditasi A, tentunya Unsoed memiliki berbagai fasilitas lengkap yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. 

Terdapat 12 fakultas yang bisa kamu pilih yakni  Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran.

Lalu, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. 

2.Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri
Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) sebelumnya merupakan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto yang resmi bertransformasi pada 11 Mei 2021 lalu. Universitas di Purwokerto yang dikenal dengan kampus hijau ini memiliki banyak pilihan fakultas dan jurusan. 

Sampai sekarang sudah terdapat 21 program studi untuk jenjang S1, 6 program studi untuk jenjang S2 dan 1 program studi untuk jenjang S3. Nah, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa cek di website universitas ya. 

3. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi semakin maju seiring bertambahnya waktu. Hal tersebut membuat para lulusan sarjana yang berkaitan dengan teknologi semakin dicari. Nah, bagi kamu yang tertarik mendalami ilmu tentang teknologi dan industri, Institut Teknologi Telkom Purwokerto cocok sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. 

Sesuai dengan namanya, kampus ini menyediakan berbagai jurusan yang berkaitan dengan teknologi dan industri. Terdapat 3 Fakultas yang bisa kamu pilih diantaranya Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, Fakultas Informatika dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain. 

4. Universitas Muhammadiyah Purwokerto


Pada  2020 lalu, berdasarkan UniRank Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menempati posisi 50 besar perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia. Selain itu, UMP juga menempati peringkat ke-3 terbaik perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. 

Maka tak heran jika UMP menjadi salah satu kampus swasta yang memiliki peminat tinggi. Fakultas yang ditawarkan juga sangat bermacam-macam. Terdapat Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum.

Kemudian, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Perikanan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, serta Fakultas Teknik dan Sains. 

5. Politeknik Kesehatan Semarang
Politeknik Kesehatan Semarang kok di Purwokerto? Betul kamu tidak salah membaca. Kampus Purwokerto ini merupakan Kampus VII dari Poltekkes Semarang. Terletak di kaki Gunung Slamet tepatnya di Jalan Raya Baturaden membuat suasana di kampus ini sangat sejuk dan menenangkan. Nah bagi kamu yang tertarik berkuliah di sini ada beberapa program studi yang bisa kamu pilih yaitu D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radiologi, serta D3 dan D4 Kesehatan Lingkungan. 

6. Universitas Amikom Purwokerto


Berkonsentrasi pada bidang teknologi dan bisnis digital, Universitas Amikom Purwokerto siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Berbagai program studi sudah disiapkan diantaranya S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Bisnis Digital dan D3 Bahasa Inggris. Universitas Amikom Purwokerto sudah terakreditasi baik sekali, sehingga kamu tak perlu khawatir pastinya fasilitas dan kualitasnya sudah terjamin. 

7.Universitas Harapan Bangsa (UHB)
Berdiri pada  2002, UHB menjadi salah satu Universitas di Purwokerto yang tak pernah sepi peminat pada saat penerimaan mahasiswa baru. Peminatnya pun tak hanya berasal dari lingkup Jawa Tengah saja, namun juga seluruh Indonesia. 

Universitas Harapan Bangsa membuka 3 Fakultas dan terdapat 12 Jurusan yang bisa kalian pilih sesuai minat dan bakat. Untuk jalur masuknya sangat beragam, bahkan disini terdapat jalur paralel yang diperuntukan bagi kamu yang sudah bekerja namun ingin tetap menempuh pendidikan.

8. Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto
Kampus satu ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri sudah cukup lama yaitu sejak 17 Juni 1980. Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto sudah terakreditasi baik dan menyediakan beberapa pilihan program studi yaitu S1 Ilmu Hukum, S1 Administrasi Publik, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Akuntansi, S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Teknik Elektro dan S1 Peternakan. 

9. Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas Bina Sarana Informatika merupakan kampus berbasis IT yang memiliki 3 pilihan program studi yaitu D3 teknologi komputer, D3 sistem informasi dan S1 sistem informasi. Keuntungan kuliah di Universitas BSI Purwokerto, kamu bisa mengambil program diploma sarjana. 

Program ini memungkinkan kamu untuk berkuliah jenjang D3 dan S1 sekaligus, beberapa keuntungan yang akan didapatkan antara lain mendapatkan dua ijazah sekaligus, biaya kuliah terjangkau, waktu lebih singkat, dan masih banyak lainnya. Jika kamu tertarik langsung saja cek website universitas untuk informasi lebih lanjut. 

10. Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto 
Universitas satu ini masih tergolong muda karena baru didirikan pada tahun 2016 lalu. Walau begitu, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sudah mengantongi akreditasi Baik. Biaya kuliah di UNU terbilang cukup terjangkau dan banyak beasiswa yang disediakan di kampus ini. Jika kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto terdapat 2 fakultas dan 13 program studi yang disediakan. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa akses website resmi universitas ya. 

Itulah kesepuluh universitas di Purwokerto yang bisa kamu pilih. Kira-kira adakah universitas impian kamu di atas?

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.