Melihat Bibit Kawit, Mobil Pertama PO Rosalia Indah yang Melahirkan Ratusan Bus Mewah

Siska Permata Sari
Armada pertama PO bus Rosalia Indah adalah Mitsubishi Colt "Bibit Kawit" melayani trayek Surakarta (Solo)–Blitar. (Foto: Rosalia Indah/Tangkapan Layar PerpalZ TV)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah dikenal sebagai PO bus yang melayani angkutan premium. Tapi, taukah Anda jika PO Bus ini dibangun dari nol, dari keluarga tidak mampu yang bekerja keras, hingga akhirnya memiliki ratusan bus mewah.

Dia adalah Yustinus Soeroso, pendiri Po Bus Rosalia indah mulai dari nol. Ketekuanan pria yang akrab disapa Pak Roso ini hingga menjadi sultan dengan memiliki ratusan bus mewah dapat menjadi inspirasi.

Berawal pada tahun 1983, Soeroso memiliki ide melayani penumpang yang baru turun dari bus Sumatera ke Jawa. Karena pada saat itu, tak ada angkutan terusan yang mengantarkan para penumpang ke masing-masing daerah tujuan. 

"Saya inisiatif kredit kendaraan sendiri, dinaikkkan travel. Ternyata bagus, pada 1984 bertambah dua unit," ujar ayah tiga anak ini dilansir dari kanal YouTube PerpalZ TV.

Dengan dibantu sang istri Yustina Rahyuni, Soeroso mengoperasikan dan mengelola layanan travel dengan armada pertamanya, Mitsubishi Colt "Bibit Kawit" yang melayani trayek Surakarta (Solo)–Blitar. Kemudian mengembangkan trayek melayani Yogyakarta–Surabaya, dan Yogyakarta–Blitar/Malang.

Hingga pada tahun 1987, dia mulai mengembangkan usahanya dengan merambah layanan angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan mengoperasikan armada bus Rosalia Indah. 

"Kenapa namanya Rosalia. Saya tidak banyak berpikir panjang, karena di hadapan anak saya nomor satu namanya Ana Rosalia. Saya ambil nama Rosalia (Dikasih Indah di belakangnnya)," katanya.

Kemudian pada 1991, Rosalia Indah mulai mengubah orientasi layanan bus yang pada awalnya hanya pada layanan AKDP, menjadi AKAP. "Saya lihat ada peluang yang baik dan menguntungkan saya ambil," ujarnya.

"Saya tidak terlalu banyak berpikir yang tinggi-tinggi, apa yang bisa kita lakukan, apa yang kita lihat, apa yang bisa dilakukan ya saya jalani. (saat itu) Saya tak punya modal, hanya punya 29 unit travel," kata Soeroso.

Dia kemudian mengambil cicilan satu bus pada 1991 dan menguntungkan. "Pada era itu pendapatan bus maksimal. Pendapatan bus satu, bisa cicilan untuk dua bus," ujarnya.

Untuk menajemen keuangan Soeroso menyerahkan kepercayaannya pada sang istri sehingga lebih baik. "Saya tidak pernah pegang uang dari zaman masih kondektur. Urusan duit adalah ibu. Makanya duit utuh. Karena ibu tuh tidak pernah shopping. Kehebatan Rosalia Indah itu adalah Bu Roso," kata Soeroso memuji sang istri. 

Seiring perjalanan waktu, PO Roesalia Indah semakin berkembang. Pada 10 April 2015, Rosalia Indah berubah menjadi perusahaan Perseroan Terbatas berbadan hukum dengan nama PT Rosalia Indah Transport. Jumlah trayek yang dilayani pun bertambah.

Pada 2021, selain memiliki ratusan bus reguler, Rosalia Indah memiliki armada Double Decker 21 unit. Ini membuat Rosalia Indah mendapatkan penghargaan rekor MURI pada 30 September 2021 sebagai Perusahaan Otobus AKAP yang Memiliki Armada Double Decker Terbanyak dengan Pelayanan Pramugara-Pramugari di Indonesia.

Kini, perlahan tongkat usahanya mulai diserahkan kepada anak-anaknya. Salah satunya adalah FX Adimas Rosdian, lulusan universitas di Australia. Tak heran, manajemen dan pelayanan PO Rosalia Indah semakin modern. 

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network