12 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 4 Jika Meletus Dapat Membelah Pulau Jawa

Puti Aini Yasmin
Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.idGunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. Biasanya, dengan melakukan pendakian ke puncak gunung tertinggi di Indonesia, para pendaki akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Menjelang perayaan 17 Agustus, biasanya pendakian ke puncak gunung akan ramai dilakukan banyak orang. Mereka biasanya akan mengibarkan Bendera Merah Putih diatas puncak gunung tertinggi saat HUT Kemerdekaan RI.

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki gunung, karena posisinya yang berada diantara lempeng benua. Setidaknya ada tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Australia, dan Pasifik.

Maka tak heran jika Indonesia memiliki banyak deretan gunung berapi aktf. Dilansir dari magma Indonesia, ada 127 gunung berapi. Dari jumlah tersebut, 66 di antaranya gunung api aktif dengan level 1 (normal) 47 gunung, 16 level II dan 5 gunung berada di level III.

Lalu, mana saja Gunung Tertinggi di Indonesia? Berikut deretannya:

1. Gunung Jaya Wijaya

Gunung tertinggi di Indonesia no 1 adalah Jaya Wijaya yang terletak di provinsi Papua. Gunung ini memiliki puncak bernama Carstensz yang memiliki ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. 

Menariknya lagi, ada hamparan salju abadi di beberapa tempat di pegunungan ini. Jika kamu ingin mengibarkan Merah Putih di puncaknya, maka akses normal yang bisa dilewati adalah dari Ilaga dan Sugapa.

2. Gunung Rinjani

Apakah nama gunung tertinggi yang ada di Indonesia selanjutnya? Jawabannya adalah Gunung Rinjani. Gunung yang terletak Nusa Tenggara Barat ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut.

3. Gunung Semeru

Jika bertanya gunung tertinggi di pulau Jawa apa? Maka jawabannya adalah Semeru. Gunung tertinggi di Indonesia nomor empat ini terletak di Jawa Timur dan memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Slamet


Gunung Slamet. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id
 
Gunung Slamet yang dikelilingi 5 kabupaten di jawa Tengah yakni Kabupaten Tegal, Banyumas, Purbalingga, Brebes dan Pemalang ini memiliki ketinggian 3432 m dml. Untuk mencapai kawah Gunung Slamet, pendakiannya dilakukan dari arah timur, yakni dari Bambangan.

Gunung Slamet pernah mengalami erupsi hingga berstatus siaga pada tahun 2014 silam. Sifat letusan Gunung Slamet memiliki tipe strombolian dengan letupan ke atas dan akan kembali lagi ke bawah.

Gunung Slamet juga memiliki cerita legenda secara turun temurun. Nama slamet diambil dari bahasa Jawa yang artinya selamat. Nama ini diberikan karena dipercaya gunung ini tidak pernah meletus besar dan memberi rasa aman bagi warga sekitar. 

Menurut kepercayaan warga sekitar, bila Gunung Slamet sampai meletus besar maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Walaupun demikian gunung slamet pernah beberapa kali aktif dan membuat fenomena menarik.

5. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di indonesia ke 2 adalah Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, tepatnya di Bukit Barisan dan sekitar 130 km dari sebelah Selatan kota Padang.

Kerinci termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia karena masih berstatus aktif hingga saat ini. Dikutip dari buku 'The Seven Summits of Indonesia; karya Hendri Agustin, letusan terakhir yang cukup besar terjadi di 2007 dan 2009.

6. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung dengan puncak Rantemario memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut dan tidak termasuk gunung berapi.

7. Gunung Arjuno-Welirang

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya ada Gunung Arjuno dan Welirang, Jawa Timur. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 m dpl sedangkan Gunung Welirang 3.156 mdpl.

Cara pencapaian : Pendakian ke puncak G. Arjuno-Welirang dapat dilakukan dari 2 arah yaitu : Puncak komplek G. Arjuno-Wellirang = Dari arah timur laut melalui Desa Pecalukan-Tretes pada ketinggian 800m dpl, dapat dilakukan dengan kendaraan roda empat.

Puncak komplek G. Arjuno-Welirang = Dari arah barat laut melallui desa Trawas-kampun Jurang Kwali, melalui jalan setapak yang curam.

8. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Maluku dan memiliki ketinggian 3.027 meter dari permukaan laut. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Manusela dan memiliki rute terpanjang di Indonesia.

9. Gunung Merapi

Gunung Merapi di perbatasan DIY-Jawa Tengah memiliki ketinggian 2.986 m dpl. Gunung Merapi terletak di perbatasan empat kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Propinsi DIY dan Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di Propinsi Jawa Tengah. 

Gunung Merapi ini masuk dalam jajaran gunung api paling aktif di dunia. Letusan dahsyat Gunung Merapi terjadi pada 5 November 2010 lalu.

Berdasarkan data Pusdalops BNPB per tanggal 27 November 2010, bencana erupsi Gunung Merapi ini telah mengakibatkan 277 orang meninggal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan 109 orang meninggal di wilayah Jawa Tengah.

Puluhan ribu orang mengungsi dan ribuan ternak mati. Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan dan kerugian besar di wilayah Magelang, Boyolali, Klaten dan Sleman.

10. Gunung Raung

Gunung Raung di Bondowoso dan Banyuwangi, jawa Timur masuk dalam deretan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Raung berketinggian 3.332m dpl.

Gunung Raung adalah sebuah gunung api yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunung api pada umumnya di pulau Jawa. Keunikan dari puncak Gunung Raung adalah kalderanya yang dalamnya sekitar 500 meter selalu berasap dan sering menyemburkan api. 

Gunung Raung termasuk gunungapi tua dengan kaldera di puncaknya dan dikelilingi oleh banyak puncak kecil, menjadikan pemandangannya benar-benar menakjubkan.

11. Gunung Agung Bali

Gunung tertinggi di Indonesia lainnya yakni Gunung Agung Bali. Gunung ini berketinggian 3.014 m di atas muka laut setelah letusan 1963.

Puncak Gunung Agung dapat ditempuh dari tiga jurusan yakni, dari Pasar Agung (selatan puncak), Budakeling lewat Nangka (tenggara puncak), dan ketiga dari Besakih (baratdaya puncak).

Obyek wisata yang terdapat di sekitar Gunungapi Agung adalah Pura Besakih di Desa Besakih sebelah barat daya puncak Gunungapi Agung. Sedangkan di bagian lereng bawahnya terdapat Sungai Telaga Waja yang dimanfaatkan sebagai kegiatan wisata olah raga dayung (rafting). Disamping itu industri parawisata tumbuh dan berkembang di sepanjang pesisir pantai utara, termasuk daerah lereng utara Gunungapi Agung.

12. Gunung Bukit Raya

Gunung tertinggi di Indonesia terakhir adalah Bukit Raya. Gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini memiliki ketinggian 2.278 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi di pulau Kalimantan.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network