30 Paskibraka Dikukuhkan, Siap Laksanakan Pengibaran Sang Merah Putih 17 Agustus

Elde Joyosemito
Sebanyak 30 anggota Paskibraka Banyumas siap mengibarkan Sang Merah Putih pada 17 Agustus mendatang di Alun-Alun Purwokerto. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Setelah menjalani serangkaian proses seleksi dan pelatihan sejak Februari lalu, sebanyak 30 anggota Paskibraka Banyumas siap mengibarkan Sang Merah Putih pada 17 Agustus mendatang di Alun-Alun Purwokerto. 

Mereka resmi dikukuhkan pada Kamis (15/8/24) malam di Pendopo Si Panji Purwokerto. Acara pengukuhan yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh PJ Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, dan dihadiri oleh tamu undangan, pelatih, Purna Paskibraka, kepala sekolah, serta orangtua anggota Paskibraka.

Prosesi dimulai dengan pengucapan Ikrar Putra Indonesia oleh Kepala Kesbangpol Banyumas, Eko Heru Surono, diikuti oleh pembacaan pernyataan pengukuhan oleh PJ Bupati Banyumas. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyematan evolet kepada dua perwakilan anggota Paskibraka dan diakhiri dengan mencium Bendera Merah Putih sebagai tanda bakti kepada negeri.

Dalam kesempatan tersebut, PJ Bupati Banyumas menyampaikan bahwa selain disyukuri, pengukuhan ini juga harus dihayati dan direnungkan dalam sanubari bahwa misi Paskibraka tidak berhenti pada momentum upacara pengibaran dan penurunan bendera saja.

"Artinya, selain melaksanakan misi mulia pada upacara pengibaran dan penurunan bendera, jiwa nasionalisme, kepeloporan, serta kepemimpinan yang terbentuk selama proses pelatihan harus tetap terjaga, dilaksanakan, dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, harus bisa memberi pengaruh positif kepada lingkungan sekitar," ujarnya.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network