Varian Omicron Covid-19 Masuk Brasil, 2 Orang Positif

Rahman Asmardika
Varian Omicron kini tengah menjadi perhatian WHO. (Foto: Istimewa)

RIO DE JANEIRO,iNews.id - Varian Omicron untuk Covid-19 dilaporkan sudah masuk Brasil. Regulator kesehatan Brasil Anvisa pada Selasa (30/11/2021) mengatakan bahwa 2 warga Brasil telah dites positif untuk Covid-19 varian Omicron

Ini merupakan kasus pertama yang dilaporkan di Amerika Latin. Anvisa mengatakan seorang pelancong yang tiba di Sao Paulo dari Afrika Selatan dan istrinya, dinyatakan positif terpapar varian baru tersebut, menambah kekhawatiran penyebaran Omicron secara global sebelum larangan perjalanan baru-baru ini berlaku. 

Diwartakan Reuters, pelancong itu mendarat di bandara internasional Guarulhos Sao Paulo pada 23 November dengan tes negatif untuk Covid-19. Tetapi sebelum perjalanan pulang yang direncanakan, pasangan tersebut dinyatakan positif dan sampel dikirim untuk analisis lebih lanjut yang mengidentifikasi varian Omicron. 

Pelancong itu tiba di Sao Paulo sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali menandai varian Omicron secara publik dan sebelum Brasil memutuskan, pada Jumat (26/11/2021) untuk menangguhkan penerbangan dari Afrika Selatan dan lima negara Afrika selatan lainnya. Tes kedua pada sampel mengonfirmasi varian tersebut. 

Dua warga Brasil yang dites positif untuk varian tersebut adalah misionaris, Sekretaris Kesehatan Sao Paulo Jean Gorinchteyn mengatakan kepada CNN Brasil, menambahkan bahwa tidak ada dokumentasi yang menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi. 

Menyusul konfirmasi Omicron, pemerintah Negara bagian Sao Paulo mengatakan akan meninjau rencana pelonggaran aturan seputar penggunaan masker.
 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network