AS Tuduh Iran Latih Penggunaan Drone Pasukan di Krimea dalam Perang Rusia-Ukraina

Anton Suhartono
AS menuduh Iran mengirim tentara ke Krimea untuk melatih pasukan Rusia operasikan drone bunuh diri (Foto.Telegram Kemhan Rusia)

KIEV, iNewsPurwokerto.id - Amerika Serikat (AS) menuduh Rusia telah menggunakan drone bunuh diri buatan Iran dalam perang Rusia-Ukraina. Bahkan AS menyebut jika tentara Iran telah berada di Krimea dalam rangka melatih pasukan Rusia cara mengoperasikan drone kamikaze.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Ned Price mengatakan jika pihaknya telah mendapat informasi, di mana tentara Rusia mendapat pelatihan langsung dari instruktur Iran. Drone-drone itu terlibat dalam serangkaian serangan besar di Ukraina beberapa waktu terakhir.

"Kami bisa mengonfirmasi, personel militer Rusia yang berbasis di Krimea mengoperasikan UAV (kendaraan udara tak berawak) Iran dan menggunakannya untuk melakukan serangan kinetik ke seluruh Ukraina, termasuk ke Kiev, dalam beberapa hari terakhir," kata Price, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/10/2022).

Price melanjutkan jika pihaknya memiliki informasi tersebut, meski tidak dapat menunjukan bukti. "Kami menilai, personel militer Iran sudah berada di Krimea, membantu Rusia dalam operasi ini. Kami memiliki informasi yang kredibel," kata Price, melanjutkan.

Serangan tersebut ditargetkan terhadap infrastruktur energi Ukraina, hal ini memaksa otoritas setempat melakukan pemadaman bergilir. Warga Ukraina mengalami pemadaman listrik bergilis secara nasional sejak Kamis (20/10/2022), untuk pertama kalinya sejak perang dimulai pada 24 Februari. 

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network