Keutamaan Hari Jumat dan Amalan Baca Surat Al-Sajdah dan Al-Insan Ketika Sholat Subuh

Tim iNews.id
Rasulullah selalu membaca surat al-Sajdah da al-Insan saat sholah subuh. (Foto: Shutterstock)

Ibnu Dahiyyah menjelaskan, ada pula yang berpendapat bahwa kesunahan membaca surat tersebut dikarenakan di dalamnya ada sujud sajadah.

Itu sebabnya Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Ibrahim An-Nakha’i bahwa kita disunahkan membaca setiap surat yang terdapat di dalamnya ayat sajadah pada Subuh hari Jumat.

Beda Pendapat

Ulama berbeda pendapat tentang hikmah membaca surat As-Sajdah dan Al-Insan di hari Jumat. Perbedaan ini dapat dibagi menjadi dua.

Pertama, ulama yang berpendapat bahwa kesunahan membaca kedua surat itu didasarkan pada makna surat yang menceritakan ihwal penciptaan Nabi Adam dan hari kiamat.

Kedua, ulama yang berpendapat bahwa pembacaan surat As-Sajdah dianjurkan karena di dalamnya terdapat ayat sajadah yang dianjurkan sujud sajadah pada saat membacanya. Sebab itu, bagi ulama yang berpandangan seperti ini tidak membatasi kesunahan pada surat As-Sajdah dan Al-Insan saja.

Surat apapun yang dibaca selama di dalamnya terdapat ayat sajadah, tetap dianjurkan untuk dibaca di hari Jumat. Hanya saja, menilik hadits-hadits di atas kita menjadi tahu bahwa membaca surat as-Sajdah dan al-Insan dalam sholat subuh di hari Jumat hukumnya mustahab (sunnah), oleh karena itu sebaiknya diamalkan.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network