Kilang Cilacap Ditetapkan PT KPI sebagai Pilot Project PS-AIMS

Elde Joyosemito
Sistem manajemen pencegahan kecelakaan produksi dalam industri yang mempunyai risiko tinggi seperti industri nuklir, minyak dan gas, serta industri kimia, terus berubah. (Foto: Istimewa)

Sahkundiyar, mewakili Chief of Process Engineering & Improvement PT KPI menyatakan Kilang Cilacap layak menjadi pilot project implementasi karena merupakan kilang paling kompleks dan lengkap terutama dari sisi Engineering & Development. "Resources di RU IV ini paling lengkap sehingga hasil diskusi penguatan Process Safety-Asset Integrity Management System bersama Direktur Operasi PT KPI, tanggal 10 Januari 2023 lalu menetapkan RU IV sebagai lokasi pilot project," tegasnya.

Ke depan, lanjutnya, semua penanggung jawab dari seluruh RU akan bergabung di RU IV untuk mendapat pembekalan dari konsultan selama 5 - 6 bulan, "Tujuannya, ketika 1 siklus di RU IV selesai maka RU lain akan mengikuti," ujarnya. 

I Made Sukaraja, Center of Excellence PT KPI menjelaskan selain berdasarkan konsep proses safety, penerapan PSM- AIMS ini mengacu pula pada kebijakan HSSE yang telah disetujui oleh Direktur Utama PT KPI pada 29 Maret 2022. "Ini adalah tindak lanjut pemenuhan rekomendasi Audit ISRS - 9 PT KPI tahun 2022. PS-AIMS ini sebagai peningkatan dan penguatan sistem yang sudah ada," ungkapnya. 

Implementasi penguatan Safety & Asset Integrity Management System secara bertahap konsisten dan menyeluruh guna mencegah dan mengurangi potensi Major Accident ini, imbuhnya, telah dituangkan dalam komitmen yang ditandatangani bersama seluruh elemen Direktorat Operasi PT KPI di Surabaya, 9 Desember 2022.
 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network