Berhasil Tangani Sampah, Banyumas Raih 2 Adipura dari Kementerian LHK

Arbi Anugrah
Berhasil Tangani Sampah, Banyumas Raih 2 Adipura dari Kementrian LHK. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Kabupaten Banyumas berhasil meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, kepada Bupati Banyumas Achmad Husein di Aula Manggala Wanabakti Gedung Kementerian LHK di Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

"Alhamdulillah, kita bisa meraih kembali Piala Adipura sekaligus Plakat Adipura semoga terus bisa kita pertahankan, dengan partisipasi masyarakat untuk kepedulian lingkungan, agar Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas terus menjadi kota yang bersih dan sehat," kata Bupati Banyumas, Achmad Husein dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

Menurut dia, ada dua penghargaan sekaligus yang diterima Kabupaten Banyumas pada tahun ini. Dua penghargaan tersebut yakni Plakat Adipura untuk TPS3R Terbaik dan Piala Adipura untuk kategori Kabupaten Sedang. 

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Junaidi, penghargaan tersebut diberikan berkat kerja keras dan komitmen Bupati Banyumas dan Dinas Lingkungan hidup dengan didukung stakeholder dan masyarakat Banyumas dalam mengelola dan menangani persoalan sampah di Kabupaten Banyumas.

"Penilaian melibatkan berbagai OPD, karena sasaran penilaian di antaranya di perkantoran, jalan, bank sampah, sekolah, pasar, stasiun, terminal, taman kota, dan hutan kota," ucapnya.

Dia menambahkan, penilaian Adipura tahun 2022 merupakan pertama kali diadakan lagi, setelah pandemi covid-19. Dan penilain kali ini beda dengan sebelumnya, di mana tim penilai dari provinsi datang secara dadakan.

Dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Husein, Pemkab Banyumas telah meraih Piala Adipura sebanyak 5 kali berturut turut.

"Selain Banyumas yang mendapatkan Plakat Adipura 2022, yaitu Taman Kota Terbaik yaitu Taman Kota Tebet Eco Park – Kota Adm Jakarta Selatan, Hutan Kota Terbaik Hutan Kota Babakan Siliwangi – Bandung, TPS3R TPS3R Purwokerto Kabupaten Banyumas dab TPS3R (TOSS) TPS3R (TOSS) Semarapura Kabupaten Klungkung," pungkas Junaidi

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network