Misteri Gunung Srandil di Cilacap, Banyak Petilasan dan Cerita Nini Rondo

Elde Joyosemito
Gunung Srandil merupakan salah satu bukti sejarah yang sangat terkenal di Indonesia dan juga di dunia. (Foto: Dok Pemkab Cilacap)

Melalui proses alam yang berlangsung selama bertahun-tahun, Gunung Srandil terlihat seperti menjauh dari laut. Endapan pasir juga menutupi kawasan di sekitarnya.

Perubahan alam tersebut membuat Gunung Srandil berada di antara laut dan padang pasir besi. Pasir besi tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat baja dan semen.

Karena banyaknya pasir, maka kawasan di sekitar Gunung Srandil dinamakan Glempangpasir. Sementara itu, beberapa kawasan lain dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai ladang palawija.

Berdasarkan sumber-sumber yang ada, Gunung Srandil konon tiba-tiba muncul pada zaman peradaban Nusantara yang masih dibatasi lautan dan merupakan daerah-daerah kekuasaan raja.

Dalam cerita tersebut, disebutkan ada seorang janda bernama Nini Rondo, yang dipercayai sebagai ibu dari Kiai Nur Zaiman. Suatu hari ketika sedang mencuci beras di tepian pantai, Nini Rondo tiba-tiba melihat sebuah gunung melayang-layang di angkasa.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network