Timnas Indonesia U-22 Bantai Thailand 5-2 di SEA Games 2023, Raih Medali Emas Setelah 32 Tahun!

Furqon Al Fauzi/Arbi Anugrah
Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 dengan skor 5-2 atas Thailand U-22. Foto Doc SINDOnews

PNOM PENH, iNewsPurwokerto.id - Setelah melalui perjuangan yang sangat keras serta drama-drama pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Thailand U-22 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Akhirnya Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 dengan skor 5-2 atas Thailand U-22.

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan setelah 32 tahun lamanya dari gol yang dicetak oleh Ramadhan Sananta di babak pertama dan Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rachman, dan Beckham Putra di babak ekstra time. Sedangkan Thailand berhasil mencetak dua gol di babak kedua waktu normal.

Berikut Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-22 tampil sangat percaya diri sejak awal peluit pertama dibunyikan. Skuad Garuda Muda langsung menggempur pertahanan Thailand. 

Marselino Ferdinan bahkan melakukan dua kali percobaan tendangan dari luar kotak penalti Thailand. Akan tetapi, tembakan Marselino itu masih melambung di atas mistar gawang.

Thailand tak tinggal diam. Mereka juga memberikan perlawanan ketat. Kiper Ernando Ari Sutaryadi sempat berjibaku menyelematkan peluang berbahaya atas Thailand.

Ramadhan Sananta akhirnya berhasil membawa Timnas indonesia U-22 unggul atas Thailand 1-0 pada menit ke-20 lewat sundulan setelah memanfaatkan umpan dari skema lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga.

Tensi pertandingan semakin tinggi jelang laga babak pertama berakhir. Ramadhan Sananta kembali mencetak gol kedua 2-0. Gol tersebut tercipta setelah memanfaatkan kelengahan pertahanan Thailand diakhir babak pertama.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-22 dan Thailand langsung tampil ngotot. Kedua tim sama-sama ingin segera bisa mencetak gol dalam pertandingan tersebut.

Thailand mampu memperkecil ketertinggalan dari Timnas Indonesia. Kepastian itu usai Anan mencetak gol pada menit ke-65 usai memanfaatkan umpan sepak pojok rekan setimnya.

Di penghujung babak kedua, terjadi drama yang menegangkan pada detik-detik terakhir waktu berakhir. Thailand akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Perpanjangan Waktu

Timnas Indonesia U-22 kembali unggul atas Thailand dalam laga tambahan itu. Irfan Jauhari berhasil mencetak gol 3-2 pada menit ke-93.

Usai gol tersebut, pertandingan sempat terhenti beberapa saat. Sebab, official Timnas Indonesia U-22 dan Thailand sempat bersitegang di pinggir lapangan.

Alhasil, wasit memberikan kartu merah kepada official Thailand dan kiper tim tersebut. Sementara itu, Timnas Indonesia, Komang mendapatkan satu kartu merah.

Di laga tambahan tersebut, Thailand harus pun harus bermain dengan sepuluh pemain. Hingga akhirnya Fajar Fathurrahman berhasil memperlebar jarak Timnas Indonesia U-22 atas Thailand menjadi 4-2 melalui tendangan kerasnya pada menit ke-106.

Pada detik-detik terakhir, Beckham Putera berhasil mencetak gol dan membuat Timnas Thailand U-22 tak berkutik. Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan atas Thailand dengan skor 5-2 dan berhak mendapatkan medali emas.

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network