Ini Link PPDB SMA Banyumas, Cek untuk Zonasi dan Jalur Masuknya

Elde Joyosemito
Alur PPDB di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dimulai. Jadwal telah ditetapkan dan pendaftarannya secara online. Link pedaftaran https://ppdb.jatengprov.go.id

Calon siswa harus memilih pendaftaran sesuai dengan jalurnya. Ada lima jalur yang dapat ditempuh. Yakni lewat jalur zonasi, afirmasi, prestasi, perpindahan orang tua serta zonasi khusus.

Secara khusus jadwal PPDB SMA SMK Jateng 2023 telah dimulai sejak 15 Mei yakni penetapan zonasi. Kemudian pengumuman PPDB 12 Juni 2023 lalu pengajuan akun 15-23 Juni 2023 secara online.

Kemudian ada verifikasi berkas pada 15-23 Juni 2023 di SMA/SMK pendaftar. Hari Senin-Kamis dimulai pukul 08.00-15.30 WIB dan Jumat 08.00-15.00 WIB. Selanjutnya adalah aktivasi akun pada 15-27 Juni 2023 dan ditutup pukul 15.30 WIB pada tanggal 27 Juni 2023.

Berikutnya adalah pendaftaran dan pemilihan sekolah: 23-27 Juni 2023 serta ditutup pukul 17.00 WIB pada tanggal 27 Juni 2023. Pengumuman hasil pada 30 Juni 2023. Kemudian ada daftar ulang 3-6 Juli 2023.

Ada baiknya calon siswa dan orang tua wali memperhatikan hasil zonasi yang telah ditetapkan. Berikut pembagian zonasi SMA Negeri di Purwokerto

1. SMA Negeri 1 Purwokerto

Untuk SMA Negeri 1 Purwokerto meliputi 10 kecamatan yakni Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan dan Purwokerto Utara. Kecamatan di luar Kota Purwokerto adalah Baturaden, Karanglewas, Sumbang, Kembaran, Sokaraja, dan Patikraja.

2. SMA Negeri 2 Purwokerto

Untuk SMA Negeri 2 Purwokerto meliputi 10 kecamatan yaitu, Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan dan Purwokerto Utara. Kecamatan di luar Kota Purwokerto adalah Baturaden, Karanglewas, Sumbang, Kembaran, Sokaraja, dan Patikraja.

3. SMA Negeri 3 Purwokerto

Untuk SMA Negeri 3 Purwokerto mencakup Kecamatan Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan serta Purwokerto Utara. Untuk Kecamatan di luar Kota Purwokerto adalah Baturaden, Karanglewas, Kedungbanteng, Cilongok, dan Patikraja.

4. SMA Negeri 4 Purwokerto

Untuk SMA Negeri 4 Purwokerto zonasinya mencakup Kecamatan Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan dan Purwokerto Utara. Kemudian untuk Kecamatan di luar Kota Purwokerto adalah Sumbang, Kembaran, Sokaraja, dan Patikraja, Karanglewas, dan Baturaden.

5. SMA Negeri 5 Purwokerto

Untuk SMA Negeri 5 Purwokerto bisa menerima peserta didik baru dari Kecamatan Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan serta Purwokerto Utara. Sedangkan untuk Kecamatan di luar Kota Purwokerto adalah Sumbang, Kembaran, Sokaraja, dan Patikraja, Karanglewas, dan Baturaden.

Pembagian Zonasi SMA Negeri di Banyumas

6. SMA Negeri 1 Ajibarang

Untuk SMA Negeri 1 Ajibarang mencakup hingga wilayah Kecamatan Ajibarang, Cilongok, Pekuncen, Gumelar, Purwojati serta Wangon.

7. SMA Negeri 1 Banyumas

Untuk SMA Negeri 1 Banyumas dapat menerima peserta didik baru dari Kecamatan Banyumas, Kalibagor, Patikraja, Kebasen, Kemranjen serta Somagede.

8. SMA Negeri 1 Baturraden

Untuk SMA Negeri 1 Baturraden meliputi beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Baturraden, Kembaran, Sumbang, Kedungbanteng dan Karanglewas. Sedangkan kecamatan di kota adalah Purwokerto Utara dan Purwokerto Barat.

9. SMA Negeri 1 Jatilawang

Untuk SMA Negeri 1 Jatilawang meliputi wilayah Kecamatan Jatilawang, Purwojati, Rawalo, Wangon, Lumbir, Kebasen, dan Jeruklegi (Kabupaten Cilacap).

10. SMA Negeri 1 Patikraja

Untuk SMA Negeri 1 Patikraja zonasinya meliputi wilayah Kecamatan Patikraja, Banyumas, Kalibagor, Cilongok, Kebasen, Karanglewas, Purwojati, Rawalo, dan Sokaraja. Dan ada satu kecamatan kota yang masuk yakni Purwokerto Selatan.

11. SMA Negeri 1 Rawalo

Ada 3 kecamatan yang menjadi radius zonasi SMA Negeri 1 Rawalo yaitu meliputi wilayah Kecamatan Rawalo, Jatilawang, dan Kebasen.

12. SMA Negeri 1 Sokaraja

Zonasi SMA Negeri 1 Sokaraja mencakup Kecamatan Sokaraja, Kalibagor, Kembaran. Dan ada dua kecamatan kota masuk yakni Purwokerto Selatan dan Purwokerto Timur. Kemudian malah ada dua kecamatan dari Kabupaten Purbalingga yakni Kalimanah dan Kemangkon.

13. SMA Negeri 1 Sumpiuh

Zonasi SMA Negeri 1 Sumpiuh mencakup wilayah Kecamatan Sumpiuh, Tambak, Kemranjen dan Somagede. Serta ada satu kecamatan di Kabupaten Cilacap yang masuk yakni Nusawungu.

14. SMA Negeri 1 Wangon

Zonasi SMA Negeri 1 Wangon dapat menerima peserta didik baru meliputi wilayah Kecamatan Wangon, Jatilawang, Purwojati, Lumbir, Ajibarang, Purwojati dan Gumelar.  Serta ada satu Jeruklegi dari Kabupaten Cilacap.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network