Job Fair di Kebumen Tinggal Hari Ini, Ayo Masih Ada 11 Ribu Lowongan Kerja 

Elde Joyosemito
Pemerintah Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan bursa pameran kerja atau Job Fair. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id- Pemkab Kebumen tahun ini kembali menggelar Job Fair yang diikuti 51 perusahaan, dan tersedia 11 ribu lowongan perkerjaan.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengatakan bahwa jumlah pencari kerja di Kebumen masih cukup banyak. Pada tahun 2022, jumlahnya mencapai 15.549 orang. Tingginya jumlah pencari kerja ini merupakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) produktif yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri.

"Pada Job Fair tahun ini, kami menargetkan 10 ribu pengunjung, dan hingga saat ini sudah tercatat 7.000 peserta yang mendaftar. Tentu saja, ini tidak hanya dari Kabupaten Kebumen, tetapi juga dari kabupaten lain," ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen, Budhi Suwanto, menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara hibrida, baik secara offline maupun online melalui aplikasi di situs web jobfair.kemnaker.go.id. Seluruh peserta yang mengikuti Job Fair ini harus mendaftar terlebih dahulu.

"Peserta yang ingin mengikuti Job Fair ini harus mendaftar melalui aplikasi jobfair.kemnaker.go.id dan mengisi formulir Google. Dengan pendataan ini, kita dapat mengetahui jumlah pencari kerja, berapa banyak yang diterima dan tidak diterima, sehingga kita dapat mengukur tingkat pengangguran di suatu wilayah," ucapnya.

Beberapa perusahaan yang akan berpartisipasi dalam Job Fair ini antara lain perusahaan manufaktur, industri makanan, otomotif, percetakan, garmen, perhotelan, pariwisata, elektronik, alat medis, dan jasa komunikasi, serta masih banyak lagi.

"Job fair ini gratis, peserta tidak dikenakan biaya sepeser pun. Jadi, masyarakat diharapkan dapat datang ke lokasi dengan membawa CV dan data pribadi. Pada Job Fair ini juga akan ada beberapa perusahaan yang akan melakukan tes wawancara langsung," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan bursa pameran kerja atau Job Fair yang berlangsung di Gedung Setda Kebumen pada tanggal 21-22 Juni 2023.

Pembukaan Job Fair 2023 ini dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, didampingi oleh anggota Komisi I DPR, Taufik R Abdullah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Forkopimda, dan jajaran Pimpinan perangkat daerah.

Menteri Ketenagakerjaan mengapresiasi diselenggarakannya Job Fair ini. Menurutnya, ini merupakan langkah yang tepat bagi pemerintah Kabupaten Kebumen untuk mengurangi angka pengangguran sekaligus menekan angka kemiskinan.

"Dengan diselenggarakannya Job Fair ini, saya berharap angka pengangguran di Kebumen dapat turun, yang pada akhirnya juga dapat menurunkan angka kemiskinan," ujar Ida Fauziyah di Gedung Setda Kebumen pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

Menaker  juga berharap para pencari kerja yang mendaftar bisa diterima bekerja. Sehingga lowongan pekerjaan yang disediakan oleh tiap-tiap perusahaan bisa terserap dengan baik. "Saya percaya Kebumen punya SDM bagus yang siap untuk bekerja," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ida juga berkesemparan mengunjungi stand Kebumen International Expo (KIE). 

"KIE ini bagus kegiatan bukan hanya expo, tapi menggabungkan banyak kegiatan menarik yang memicu orang berbondong-bondong ke Kebumen. Maka dengan sendirinya akan berdampak pada perekonomian masyarakat,”katanya.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network