Mirip Siaran Live di TV, Begini Gaya Baru Perkuliahan di UMP

Bayu Sasongko
Beberapa mahasiswa, sedang mengikuti kuliah hybrid UMP yang sudah diterapkan sejak dua pekan terakhir, Selasa (4/5/2021). (Foto. Bayu Sasongko)

PURWOKERTO, iNews.id - Seperti siaran langsung program-program televisi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuat terobosan baru dalam perkuliahan di masa pandemi Covid-19.

Kampus ini mengombinasikan pola pembelajaran tatap muka langsung di ruang kelas, dengan sistim online yang dapat diakses di manapun oleh para mahasiswanya.

Selain di ruang kelas dengan kehadiran sejumlah mahasiswa, kuliah yang disampaikan dosen juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom.

Wakil Rektor I UMP yang juga dosen Fakultas Pertanian, Aman Suyudi mengatakan, penggabungan sistim perkuliahan online dan offline itu disebut kuliah hybrid dan sudah berlangsung selama dua pekan. 

"Mahasiswa yang hadir langsung wajib mengikuti protokol kesehatan. Peserta dalam ruangan kami batasi 1/3 dari kapasitas, mahasiswa lainnya bisa mengikuti perkuliahan dari sekitar kampus maupun tempat tinggalnya," ujar Aman, Selasa (4/5/2021).

Aman menjelaskan, metode perkuliahan ini menggunakan perangkat cukup canggih. Ada beberapa kamera, monitor, serta tata pencahayaan yang telah disetting oleh tim IT UMP untuk memudahkan interaksi dosen dan mahasiswa, baik yang berada di dalam kelas maupun yang online.

"Kalau online, signal selalu jadi kendala. Sedangkan di sini (kampus) terkadang link zoom-nya tidak lancar atau tidak suport," kata Aman.

Anisa Nurbaeti, peserta kuliah secara tatap muka langsung mengungkapkan, ia merasakan adanya perbedaan antara kuliah secara online dengan offline. Sebab, selama ini dirinya hanya dapat mengikuti kuliah secara online.

"Kalau online seperti interaksinya kurang. Karena kadang ada perbedaan maksud apa yang ditanyakan. Kalau sekarang offline saya rasakan lebih enak aja. Lebih interaktif sama dosennya, dan lebih paham materinya," ungkap Anisa.

Editor : Franky S

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network