Produksi Green Diesel Ramah Lingkungan, Kilang Cilacap Raih Penghargaaan Dharma Karya Madya ESDM

Elde Joyosemito
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap prestasi tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega dalam inovasi Green Energy, khususnya produk Pertamina Renewable Diesel (RD).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, kepada tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega di Plaza Setjen Kementerian ESDM, Jakarta, pada hari Senin, tanggal 2 Oktober 2023.

Ketua PC Prove Omega PT KPI RU IV, Mulyono, menjelaskan bahwa timnya telah berhasil mengembangkan inovasi terkait 'Produksi Pertamina RD dalam konteks Green Refinery sebagai Proyek Strategis Nasional dengan meningkatkan fleksibilitas Unit TDHT di PT KPI RU IV Cilacap'. 

"Inovasi PC Prove Omega dalam memproduksi Pertamina RD adalah langkah konkret PT KPI dalam mendukung visi pemerintah untuk mewujudkan transisi ke Green Energy yang berkelanjutan dan mencapai target Net Zero Emisi pada tahun 2060,”jelasnya.

Pertamina RD adalah jenis bahan bakar diesel yang ramah lingkungan yang dihasilkan dari pengolahan minyak sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil/RBDPO) di Unit TDHT melalui serangkaian proses yang menghasilkan produk Green Diesel. 

"Uji coba pengolahan bahan nabati ini telah dimulai sejak tahun 2014 melalui co-processing, yang berarti bahan nabati dicampur dengan bahan bakar fosil dengan tujuan menghasilkan biofuel berkualitas unggul dan kompatibel tanpa batasan blending dalam bahan bakar diesel,”jelasnya.

Selanjutnya, pada periode Januari hingga Mei 2021, tim berhasil melakukan uji coba pengolahan 100% RBDPO dan berhasil memproduksi Pertamina RD sesuai dengan standar spesifikasi internasional.

Keunggulan Pertamina RD termasuk kandungan sulfur yang sangat rendah (best in class) jika dibandingkan dengan rata-rata kandungan sulfur produk serupa di seluruh dunia, yaitu hanya sekitar 2-3 ppm, sementara rata-rata lainnya mencapai 10 ppm. 

"Pertamina RD telah berhasil meraih pasar global dan mendapatkan sertifikat ISCC (International Sustainability and Carbon Certification),”katanya.

Penting untuk diketahui bahwa Dharma Karya adalah penghargaan dari Kementerian ESDM yang diberikan kepada individu, lembaga, atau perusahaan yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam pemikiran, kebijakan, keputusan, pembangunan, dan penemuan baru yang berdampak positif di sektor ESDM untuk mewujudkan kemajuan dan perbaikan. 

"Sebelumnya, Pertamina telah menerima Anugerah Dharma Karya Muda, dan kali ini, PC Prove Omega PT KPI RU IV Cilacap berhasil meraih Anugerah Dharma Karya kategori Madya."

Di sisi lain, Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU IV, Cecep Supriyatna, memberikan apresiasi atas prestasi yang luar biasa dari tim PC Prove Omega dalam menerima penghargaan ini. 

"Prestasi ini merupakan pencapaian penting bagi PT KPI RU IV dan juga merupakan kontribusi yang luar biasa dalam memajukan inovasi di sektor ESDM. Semoga ini akan menginspirasi lebih banyak inovasi di masa depan, baik dalam sektor ESDM maupun sektor lainnya,”tambahnya.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network