Ekspedisi Hari Pahlawan dan Hari Guru, 3 Pemuda Kenalkan Wisata Banyumas

Arbi Anugrah
Ekspedisi Hari Pahlawan dan Hari Guru, 3 Pemuda Kenalkan Wisata Banyumas. Foto: Ist

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Tiga pemuda asal Kabupaten Banyumas melakukan Ekspedisi Merah Putih dalam rangka Hari Pahlawan dan menyambut Hari Guru. Ekspedisi Merah Putih tersebut dilakukan pada tanggal 17-19 November 2023 lalu dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Yogyakarta.

Narco (36), inisiator Ekspedisi Merah Putih yang juga pegiat wisata dan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPT Lokawisata Baturraden di Banyumas mengatakan jika Ekspedisi Merah Putih tahun ini merupakan kali kedua yang dilakukannya, sebelumnya Ekspedisi Merah Putih pernah dilakukan tiga pemuda tersebut saat acara G20 di Bali. Selain napak tilas tempat bersejarah, mereka juga sekaligus memperkenalkan wisata yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Tahun 2022 itu kita ke Jawa Bali, pas acara G20, terus yang tahun 2023 ngadain hari pahlawan dalam menyambut Hari Guru tanggal 17 - 19 November. Tujuan kegiatan ini, kita bertiga melakukan ekspedisi dengan napak tilas para pahlawan-pahlawan atau (mengunjungi) tempat-tempat yang memang mengandung sejarah," kata Narco, Minggu (26/11/2023).

Pria yang akrab disapa Icuk ini mengatakan, selain dirinya, terdapat pula Ajir Kikib Wirdiyan (15) dan Ferdi Nurrohman (16) yang memaknai para pahlawan saat ini dengan memulai perjalanannya keberbagai tempat di Yogyakarta. Terdapat beberapa lokasi yang menjadi tujuan Ekspedisi Merah Putih ini, diantaranya makam Pahlawan Ki Hadjar Dewantara, Candi Dengok.

Meraka juga mengunjungi Alun-alun Wonosari, Vihara Jhina Dharma Sradha, Gereja Kristen Jawa Logandeng, Goa Maria Sendang Rosario, Masjid Gedhe Mataram, klenteng Fuk Ling Miau, Keraton Yogyakarta.

Icuk menjelaskan, tidak sekedar berkunjung, tetapi mereka juga belajar akan sejarah dan pentingnya toleransi antar umat beragama sesuai motto pemerintah di Hari Pahlawan yakni semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan. Lalu Hari Guru yakni bergerak bersama rayakan merdeka belajar.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network