Cabai Bisa Disimpan Sebulan tak Membusuk, Ini Caranya

Tim iNews.id
Cabai merah yang dihasilkan oleh petani. (Foto: Elde Joyosemito)

JAKARTA, iNews.id- Menjelang Lebaran, biasanya ada tren kenaikan harga kebutuhan pokok. Misalnya saja cabai. Sehingga, mumpung belum terlalu naik, bisa membeli cabai sekarang. Masalahnya adalah bagaimana caranya agar cabai tidak cepat busuk atau cabai tahan lama?

Inilah tips yang disampaikan oleh juara MasterChef Season 7 Jerry Andrean seperti dikutip celebrities.id. Cara menyimpan cabai agar awet dan tidak cepat rusak adalah dengan menyimpan ke dalam freezer. “Namun demikian, sebelum disimpan di freezer, dibersihkan dulu dan dikeringan. Dengan prosedur semacam itu, maka cabai dapat bertahan hingga satu bulan,”jelas Jerry.

Ia mengakui kalau cabai yang disimpan dan menjadi beku tersebut cenderung lembek. Tetapi, jangan tanya kepedasannya, levelnya masih tetap sama. “Cabai yang disimpan lama memang rekomendasinya untuk diolah atau untuk masak apa begitu. Namun, kalau dimakan tidak direkomendasi,”ujarnya.

Namun ketika hal tersebut sulit diterapkan, Jerry pun menyarankan untuk mencoba alternatif masakan lain saat Lebaran. Seperti halnya masakan yang menghindari bahan cabai seperti opor. “Kalau ganti menu yang enggak butuh cabai mungkin bisa opor atau lodeh. Kalau rendang dikurangin cabainya juga kurang afdol ya,”jelasnya.

Jadi, katanya, tidak perlu khawatir kalau menyimpan cabai dalam waktu lama. Namun, ingat, secukupnya saja, tak perlu memborong banyak.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network