get app
inews
Aa Read Next : Pengumuman Olimpiade Guru dan Pelajar Nasional, Ini Daftar Pemenang OGPN 2024

Kisah Suharto Sukses Jadi Petani Cabai hingga Bisa Beli Harley Davidson, Ajak Anak Muda Bertani

Rabu, 16 November 2022 | 11:28 WIB
header img
Kisah Suharto Sukses Jadi Petani Cabai hingga Bisa Beli Harley Davidson, Ajak Anak Muda Bertani. (Foto: Elde Joyosemito)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Petani cabai asal Magelang, Jawa Tengah sukses menjalankan usahanya. Petani bernama Suharto ini bahkan mampu membali sebuah motor Harley Davidson.

Sebelum sukses menjadi seorang petani cabai, Suharto awalnya merupakan seorang guru sekolah dasar (SD). Ia memutuskan menjadi seorang petani setelah berumah tangga, karena merasa penghasilan sebagai guru tidak mencukupi untuk kebutuhan rumah tangganya. Belum lagi, sanb istri yang hanya seorang ibu rumah tangga dan tidak memiliki penghasilan tambahan.

"Dulu jadi guru tahun 1977 sampai pensiun 2017. Awal jadi guru karena gaji relatif kecil dan setelah berkeluarga tidak mencukupi. Dengan alsaan itu, saya memberanikan diri bertani," kata dia, dikutip dari YouTube CapCapung. 

Suharto menceritakan kisahnya disamping kegiatan mengajar. Biasanya usai pulang mengajar, pada siang hari hingga sore dia akan menjalani rutinitas barunya saat itu dengan bertani.

Suharto pun belajar bertani secara otodidak, dengan mempelajari karakter tanaman, cara dan teknik menanam hingga pupuk dan obat hama yang digunakan. Tanaman pertama yang ia tanam adalah cabai. 

Dia beranggapan, saat itu petani cabai masih belum banyak, padahal permintaan cabai di pasaran sangat tinggi, dia berhasil menuai sukses.

"Waktu itu menjanjikan dan belum banyak penyakit (tanaman). Harganya dulu relatif tinggi karena belum banyak yang nanam, sehingga sangat menguntungkan," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut