Ribuan Massa Tuntut Pelantikan 57 Kades Banjarnegara Berakhir Ricuh, Sejumlah Petugas Luka-luka

Arbi Anugrah
Ribuan Massa Tuntut Pelantikan 57 Kades Banjarnegara Berakhir Ricuh, Sejumlah Petugas Luka-luka. Foto: Ist

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id – Ribuan massa pendukung pelantikan 57 Kepala Desa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (30/4/2024) berakhir ricuh. Massa yang telah berkumpul di depan Pendopo Bupati Banjarnegara sejak pagi tersebut akhirnya terlibat aksi saling dorong antara petugas keamanan.

Ratusan petugas keamanan dari Polres dan Kodim Banjarnegara ditambah pasukan Brimob berjaga digerbang pendopo saat untuk menjaga massa yang memaksa masuk ke dalam pendopo. Karena massa semakin tak terkendali, pihak kepolisian akhirnya menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa aksi.

Polres Banjarnegara sedikitnya menerjukan 525 personel gabungan dari Polres Banjarnegara, Bko Brimob dan Samapta Polda Jateng, Polresta Banyumas, Polres Purbalingga, Kodim 0704 Banjarnegara dan Satpol PP Banjarnegara untuk mengamankan kegiatan aksi massa pendukung 57 Kades terpilih di Komplek Alun-alun Banjarnegara. 

"Personel kita libatkan 1 kompi Brimob, 1 kompi Dalmas Polda dan perkuatan dari Polres Purbalingga dan Polresta Banyumas," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, kepada awak media di sela-sela pengamanan.

Ia mengungkapkan, pada saat aksi tersebut, massa sempat merobohkan gerbang Pendopo, melempari petugas dengan batu, kayu dan cairan dan juga merusak fasilitas umum, sehingga pihaknya melakukan upaya tegas dan terukur.

"Sesuai peraturan Kapolri tentang pengendalian massa kita melakukan pengamanan, ada dua orang yang kita mintai keterangan," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network