Mau Tahu Jenderal yang Kenalkan Motif PDL Loreng Darah Miilik Kopassus? Ini Sosoknya

Tim iNews
Mayjen Moeng

JAKARTA, iNews.id – Tidak banyak yang tahu asal usul pakaian dinas lapangan atau PDL loreng darah menjadi ciri khas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Ternyata corak dan motif baru diperkenalkan pada 5 Oktober 1964 bersamaan dengan Hari ABRI (TNI).

Siapa sesunggunnya yang mengenalkan motif seragam Kopassus tersebut? Ternyata dia adalah Mayjen TNI (Purn) Moeng Parhadimulyo.

"Aslinya pakaian loreng itu buatan Amerika yang diproduksi pada masa Perang Dunia I dalam jumlah besar untuk US Marine," bunyi penjelasan seperti dikutip dalam buku Kopassus untuk Indonesia.

Seragam tersebut bersanding dengan baret merah saat prajurit Kopassus melaksanakan operasi tempur seperti menumpas gerombolan DI/TII. Namun lama kelamaan stoknya menipis. Ternyata di Amerika Serikat seragam itu tidak diproduksi lagi.

Akhirnya muncul gagasan untuk membuat pakaian seragam khusus bagi Kopassus. Lalu muncul ide motif loreng darah mengalir. Penggunaan seragam motif ini disetujui oleh Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo yang saat itu menjabat Komandan RPKAD (sekarang Kopassus) pada 1958-1964.

Jenderal Moeng dikenal sebagai prajurit legendaris Kopassus yang kenyang pengalaman tempur. Pria kelahiran Yogyakarta ternyata sosok sederhana yang hidup lurus. Kesederhanaan Jenderal Moeng dikisahkan Menhan Prabowo Subianto.

Dia rutin bangun pukul 04.30 WIB untuk menyapu dan mengepel rumah sebelum berangkat ke kantor. Tak hanya itu, Moeng melarang istri dan anak menggunakan kendaraan dinas.

"(Karena dilarang naik mobil dinas) sehingga anaknya harus jalan kaki ke sekolah, sementara istrinya naik becak kalau hendak belanja," tutur Prabowo dalam buku biografinya berjudul "Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto".

Prabowo mengatakan dirinya sebenarnya tak terlalu dekat dengan Moeng. Namun menurutnya siapa pun prajurit Baret Merah pasti mengetahui sosok Moeng yang sangat terkenal medio -1960-an hingga 1980-an.

Prabowo mengisahkan Moeng selalu memulai terlebih dahulu setiap tahap pelatihan mulai dari panjat tebing, terjun, menembak, lari hingga lempar pisau. Moeng juga pernah memimpin lari pasukan satu resimen dan dua batalyon dari Cijantung ke Cililitan pulang-pergi.

Mantan Danjen Kopassus itu menjelaskan Moeng selalu menenteng senjata dan membuka baju seperti anak buahnya saat berlari. "Beliau sangat terkenal sebagai perwira spartan. Perwira yang tangguh dan kuat fisiknya," tutur Prabowo.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network