Wakil Mentri LHK Launching Siswa Sadar Sampah Banyumas di UMP

Arbi Anugrah
Wakil Mentri LHK Launching Siswa Sadar Sampah Banyumas di UMP. Foto: Arbi Anugrah

Sementara menurut Rektor UMP, Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso mengatakan, setelah sukses dengan aksi lingkungan yang melibatkan ratusan Relawan Hijau UMP, kampusnya kini kembali menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan.

"Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan adanya Program Siswa Sadar Sampah, UMP berupaya menciptakan kebiasaan memilah sampah dikalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar, serta meningkatkan nilai ekonomis sampah melalui pengelolaan yang tepat," ujarnya.

Launching program siswa sadar sampah ini menandai langkah signifikan UMP dalam mendukung program pemerintah untuk Indonesia bebas sampah, serta menciptakan generasi emas yang peduli terhadap lingkungan. 

“UMP terus berkomitmen untuk menjadikan lingkungan sebagai prioritas utama dalam setiap kegiatan akademik dan non-akademik di kampus,” jelasnya.

Ia menjelaskan jika terkait pengelolaan sampah pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian LHK untuk segera merealisasikan bank sampah dan optimalisasi Relawan Hijau UMP yang saat ini sudah berjumlah sekitar 100 orang.

Relawan Hijau UMP, lanjutnya terdiri dari mahasiswa lintas jurusan dan bahkan mahasiswa dari luar kampus, yang aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan di kampus. Tugas utama mereka adalah memastikan setiap acara di UMP bebas dari sampah, terutama sampah plastik.

"Terkait dengan pengelolaan sampah, kita komunikasi dengan Kementerian untuk segera merealisasikan, yang pertama bank sampah, yang kedua adalah optimalisasi untuk relawan hijau UMP. Harapannya kita perguruan tinggi akan menuju kepada model pengelolaan sampah secara digital," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network