Kemendikbudristek Bakal Gelar Keroncong Svaranusa 2024 di Pantura dan Banyumas, Catat Tanggalnya

Arbi Anugrah
Ilustrasi Musik Keroncong. Foto: Instagram @keroncongasri

Mahendra menyebut, penyelenggaraan Keroncong Svaranusa diharapkan mampu menggugah minat generasi muda untuk ikut mendalami seni musik keroncong. Ia juga berharap melalui kreativitas generasi muda, dapat tercipta inovasi seni keroncong yang beradaptasi dengan zaman.

Keroncong Svaranusa 2024 ini sendiri nantinya terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu Roadshow, Wirakarya, serta Pergelaran Orkestra. Tahapan ini sendiri nantinya akan mempertemukan komunitas yang telah lolos kurasi untuk menciptakan satu album berisi 5-8 lagu keroncong.

Sebanyak 300 pegiat keroncong dari berbagai komunitas di wilayah Tegal, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, dan Banyumas akan memeriahkan gelaran Keroncong Svaranusa 2024. 

Dalam Keroncong Svaranusa 2024, nantinya juga menampilkan kelompok musik keroncong kenamaan Ndarboy Genk dan Simfoni Orkestra Keroncong yang dipimpin Komposer kawakan Puput Pramuditya.

“Keroncong Svaranusa berkehendak ingin mengembangkan lagi musik keroncong dan memasyarakatkannya. Kemendikbudristek mengemas acara ini dengan menunjukkan ke masyarakat bahwa keroncong pun dapat dikreasikan dan dinikmati semua kalangan,” ujar Mahendra.

Seperti diketahui, pagelaran Keroncong Svaranusa ini pertama kali diadakan pada tahun 2022 di Kabupaten Magelang, Surakarta, dan Kota Semarang. Setelah itu, Keroncong Svaranusa 2023 diselenggarakan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network