335 Siswa Sekolah Dasar di Banyumas Ikuti O2SN Tingkat Kabupaten

Arbi Anugrah
335 Siswa Sekolah Dasar di Banyumas Ikuti O2SN Tingkat Kabupaten. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sekitar 335 siswa SD/MI di Kabupaten Banyumas mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang digelar mulai Selasa-Rabu (11-12/6/2024). Kegiatan ini digelar didua lokasi yakni di Kompleks GOR Satria Purwokerto dan Kolam Renang Tirta Kembar Purwokerto. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan jika para peserta diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Khususnya untuk menggali potensi diri yang ada, bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas, dan rasa kebersamaan.

"Kalian adalah harapan bangsa, kalian adalah putra terbaik yang akan menjunjung tinggi daerah, saya yakin dan percaya kalian adalah orang-orang berkualitas, baik moral maupun intelektual akan akan mampu menghadapi tantangan masa depan yang penuh persaingan" kata Joko saat membuka secara resmi kegiatan O2SNdi Lapangan Futsal GOR Satria Purwokerto, Selasa (11/6/2024).

Menurut Joko, para peserta yang tahun ini juara di Banyumas, agar menjadi juara O2SN di propinsi. 

"Kita harus bisa bicara di tingkat provinsi dan nasional, tahun kemarin silat kita juara nasional. Selain itu juga ada lomba unggulan lain seperti karate dan senam. Paling tidak kita masuk 5 besar di tingkat provinsi, paling tidak mereka jadi representasi di cabang masing-masing," ujarnya. 

Ia menjelaskan jika Pemerintah Daerah akan memberikan uang pembinaan lebih kepada siapa saja yang berhasil mendapat juara di tingkat provinsi dan nasional. Ia bahkan berjanji akan mengarak keliling Kota Purwokerto bagi peserta yang dapat menjadi juara nasional.

Sementara menurut Kabid Pembinaan SD Ichya Mahluqie mengatakan, peserta O2SN untuk jenjang SD diikuti sebanyak 335 peserta, di mana mereka merupakan para pemenang pada lomba yang sama di tingkat kecamatan. Setidaknya terdaftar 6 cabang yang diperlombakan di O2SN, yaitu Bulu Tangkis, Kids Atletics, Karate, Pencak Silat, Renang dan Senam.

“O2SN bertujuan untuk mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga, sehingga dapat dibina dan dipersiapkan menjadi olahraga berprestasi sejak usia sekolah. Selain itu juga untuk mengembangkan jiwa sprtivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan bertanggungjawab,” ucapnya.

Menurutnya, cabor yang dipertandingkan pada hari pertama diantaranya adalah pencak silat, Kids Areltics, Senam Bulu Tangkis dan Renang. Sedangkan pada hari kedua, yakni karate, final bulu tangkis dan final pencak silat.

“Juara I O2SN Kabupaten ini, berhak mengikuti O2SN Tingkat Propinsi, pada cabang lomba yang sama yang akan dilaksanakan pada 7-10 Juli 2024 mendatang di Semarang,” pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network