Rekomendasi 5 Kuliner Soto Khas Banyumas, Rasakan Sensasi Nikmatnya

Elde Joyosemito
Salah satu warung soto di Banyumas. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Banyumas, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, tak hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga menawarkan beragam kuliner lezat yang menggugah selera. 

Salah satu kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banyumas adalah soto. 

Di daerah ini, soto hadir dengan berbagai varian dan cita rasa yang khas. Berikut beberapa rekomendasi tempat makan soto legendaris di Banyumas yang sayang untuk dilewatkan.

1. Soto Ayam Jalan Bank H Loso


Soto Jl Bank H Loso. (Foto: Istimewa)

Soto Ayam Jalan Bank H Loso merupakan salah satu kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Tempat ini didirikan oleh almarhum Haji Sungeb dan terkenal dengan cita rasa khasnya yang menggunakan bumbu kacang. Kuah soto yang bening dan berkaldu menjadi ciri khas dari Soto Ayam Jalan Bank H. Loso.

Satu porsi soto disajikan dengan bahan-bahan seperti soun, tauge, suwiran ayam kampung, irisan daun bawang, bawang goreng, ketupat, dan kerupuk warna-warni atau kerupuk kuning. Harga satu porsi soto dibanderol sekitar Rp25.000, tergantung topping yang dipilih. Selain rasanya yang enak, tempat makan ini juga dikenal rapi dan bersih, membuat pengalaman bersantap semakin nyaman.

2. Soto Sutri Sokaraja


Soto Sutri Sokaraja. (Foto: Istimewa)

Soto Sutri Sokaraja terletak di Jalan Pramuka 9, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Berdiri sejak April 1984, Soto Sutri kini dilanjutkan oleh anak dari pendiri, Sutriah. Soto ini terkenal dengan cita rasa autentik yang menggugah selera.

Keunikan Soto Sutri terletak pada kuahnya yang kental dan gurih, terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, dan ketumbar. Disajikan dengan mie, tauge, irisan ketupat, daun seledri, dan bawang goreng, serta sambal kacang khasnya, soto ini siap memanjakan lidah. Soto Sutri buka mulai pukul 09.00 hingga 14.00, sering kali habis sebelum jam tutup karena banyaknya peminat.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network