Spanyol Kalahkan Prancis 2-1, Lamine Yamal yang Berusia 16 Tahun Pecahkan Rekor Pele

Abdul Haris
Winger Spanyol Lamine Yamal (depan) merayakan golnya ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. (Foto: Reuters/iNews.id)

MUNICH, iNewsPurwokerto.id Winger Timnas Spanyol, Lamine Yamal, memecahkan rekor legendaris bintang sepak bola Brasil, Pele, setelah menjebol gawang Prancis pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Gol tersebut membantu La Furia Roja memastikan tiket ke final Euro 2024 usai menang comeback 2-1 atas Timnas Prancis. Spanyol sempat tertinggal setelah gol tandukan Randal Kolo Muani pada menit kedelapan, namun bangkit dan membalas melalui dua gol Lamine Yamal (21’) dan Dani Olmo (25’).

Gol Lamine Yamal ini menjadikannya pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro dan juga Piala Dunia di usia 16 tahun 362 hari, melampaui rekor Pele yang mencetak gol di usia 17 tahun 239 hari pada Piala Dunia 1958.

Tidak hanya itu, penampilan gemilangnya kontra Prancis membuat Lamine Yamal terpilih sebagai pemain terbaik di pertandingan tersebut.

"Saya sangat senang bisa mencapai final. Sekarang yang terpenting adalah memenangkannya,” tuturnya, Rabu (10/7/2024).

“Kami berada dalam momen yang sulit, Anda tidak akan mengharapkan gol secepat ini. Saya ingin mewujudkannya, dan saya sangat senang,” ujarnya.

“Saya mencoba untuk tidak terlalu banyak berpikir, menikmatinya dan membantu tim. Jika berhasil seperti ini, saya senang dan puas dengan kemenangan ini. Saya ingin menang, menang, dan menang. Saya akan merayakan ulang tahun saya di sini di Jerman bersama tim saya.”

Pencetak Gol Termuda di Turnamen Utama Internasional:

Lamine Yamal (16 tahun 362 hari)
Pele (17 tahun 239 hari)
Manuel Rosas (18 tahun 93 hari)
Gavi (18 tahun 110 hari)

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network