Festival Merayu Serayu 2024, Ratusan Warga Cilacap Berebut Gunungan Hasil Bumi

Arbi Anugrah
Festival Merayu Serayu 2024, Ratusan Warga Cilacap Berebut Gunungan Hasil Bumi. Foto: Arbi Anugrah

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Ratusan warga di Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap berebut gunungan hasil bumi dalam kegiatan Festival Merayu Serayu, Selasa (23/7/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kegiatan dalam rangkaian Festival Merayu Serayu yang digelar Kampung Kreatif Karisma Pertamina.

Festival Merayu Serayu ini sendiri diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi dari Desa Karangrena yang dibawa oleh warga desa setempat dan diikuti oleh drumband siswa siswi SD hingga anggota Gapoktan. Arak-arakan gunungan hasil bumi ini dibawa dari Balai Desa Karangrena menuju Kampung Kreatif Karisma Pertamina.


Rebutan Gunungan Festival Merayu Serayu. Foto: Arbi Anugrah

 

Setibanya di Kampung Kreatif Karisma Pertamina, gunungan tersebut lantas menjadi bahan rebutan dalam grebeg hasil bumi oleh warga setempat. Salah satunya adalah Sutimah, warga desa setempat yang ikut berebut gunungan hasil bumi.

"Iya ikut rebutan, seru banget, ini saya dapat tomat untuk nyambel nanti, lalu dapat sayuran untuk bikin sayur bening, dan dapat jagung untuk buat bakwan jagung. Ini semuanya dari hasil bumi desa sini, sebagai bentuk rasa syukur, semoga rejekinya semakin berlimpah," kata Sutimah, warga Desa Karangrena kepada wartawan di lokasi, Selasa (23/7/2024).

Sementara menurut Pejabat (Pj) Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengatakan Festival Merayu Serayu menjadi satu kelebihan dari Desa Karangrena yang berada di pinggir sungai Serayu. Dalam kegiatan ini ada beberapa agenda kegiatan, seperti arak-arakan pawai gunungan, yang kemudian menjadi rebutan bersama-sama sebagai bentuk rasa syukur.

"Ini bentuk rasa syukur masyarakat, besar harapannya nanti mudah-mudahan dengan bersyukur ini hasil panennya makin bagus makin berlimpah," jelasnya.

Selain arak-arakan, adapula lomba pajang bonsai dan tanaman hias. Kemudian, pada sore hari terdapat hiburan Ketoprak dan hiburan lainnya termasuk menampilkan potensi yang ada di sekolah sekolah seperti drumband dan lain sebagainya.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network